Empat Mahasiswa UIN Jakarta Diundang ke Rusia

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Hamzah Farihin

Ruang Sidang Utama, Berita UIN Online- Dalam rangka mempererat hubungan Rusia dengan umat Islam Indonesia, empat mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta diundang berkunjungan ke Kazan, selama sepuluh hari (16-26 Mei).

Mereka adalah Azmi Muharam, Wiwid Sulistyo dan Andi Gerald (Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik/Fisip) dan Ali Mahfudom (Sekolah Pascasarjana). Selain empat mahasiswa dari UIN Jakarta, diundang pula Eka Risti dari Universitas Al Azhar Indonesia.

Menurut Wakil Duta Besar Indonesia untuk Rusia Andi Wireng Jurit, kegiatan tersebut akan memberikan kontribusi positif bagi para mahasiswa, perguruan tinggi, dan masyarakat.

“Dengan program ini dapat bermanfaat bukan untuk pribadi  saja, tapi untuk lingkungan sekitar kita sesuai ajaran Islam, menjadi orang yang menyenangkan dan bermanfaat,” ujar Andi saat memberikan pembekalan kepada kelima peserta, di Ruang Sidang Utama, Rabu (20/4).

Ia berharap, program tersebut dapat berkelanjutan guna mempromosikan Islam Indonesia di mata international, sehingga program ini dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia dan umat Islam.

Sementara itu, M Aji Surya, perwakilan dari Promosi Luar Negeri  Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya  KBRI Moskow  mengatakan, kelima peserta ini dalam kunjungannya akan difokuskan di Rusian Islamic University di kota Kazan. Kazan merupakan kota yang penduduknya hampir 60 persen beragama Islam, kehidupannya mirip dengan Indonesia, banyak perempuan berjilbab, suara adzan selalu berkumandang setiap waktu shalat dan pemerintahannya sangat religius.

“Kalau boleh jujur, masyarakat Kazan terkenal ketulusannya saat membantu siapapun, ikhlas dan sederhana, serta sangat bersahabat dengan umat muslim lainnya,” katanya.

Tema kegiatan ini adalah Indonesian Rusian Students Friendship Dialogue on Islam and Culture.