Dua Pegawai UIN Jakarta Ikuti Belia MABIMS 2016

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Dua orang pegawai UIN Jakarta mengikuti program training leadership Belia MABIMS 2016. Kegiatan yang diikuti oleh empat negara diantaranya Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura (MABIMS) tersebut dilaksanakan selama lima hari, Senin-Jumat (07-11/11), bertempat di Aula Sari Ater, Subang Jawa Barat.

Dua orang pegawai UIN Jakarta mengikuti program training leadership Belia MABIMS 2016. Kegiatan yang diikuti oleh empat negara diantaranya Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura (MABIMS) tersebut dilaksanakan selama lima hari, Senin-Jumat (07-11/11), bertempat di Aula Sari Ater, Subang Jawa Barat.

Subang, BERITA UIN Online—Dua orang pegawai UIN Jakarta mengikuti program training leadership Belia MABIMS 2016. Kegiatan yang diikuti oleh empat negara diantaranya Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Singapura (MABIMS) tersebut dilaksanakan selama lima hari, Senin-Jumat (07-11/11), bertempat di Aula Sari Ater, Subang Jawa Barat.

Acara yang bertajuk Training Leadership Belia MABIMS 2016 tersebut merupakan  program tahunan Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Duta Transformasi Insani (DTI) Bandung.

Demikian disampaikan oleh Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri (BHKLN) Kementerian Agama RI Prof Dr Achmad Gunaryo M.Soc Sc, dalam sambutannya ketika membuka kegiatan secara resmi, Senin (07/11) bertempat di Aula Dayang Sumbi, Ciater Subang Jawa Barat.

Ditambahkannya, kegiatan Belia MABIMS ini merupakan ajang pembentukan karakter yang positif sekaligus pembekalan kepada generasi muda negara-negara peserta sebagai pemimpin di masa mendatang.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat menghasilkan calon-calon pemimpin bangsa yang handal, kreatif dan berkarakter (al akhlak al karimah). Selain itu, dengan acara ini pula, para peserta dapat mengenalkan daerah atau bangsanya ke kancah internasional,” harapnya.

Hadir dalam acara tersebut para narasumber ahli, diantaranya Nugie Al Afghani (Business Coach and Trainer). Dalam kesempatan tersebut, Nugie menyampaikan materi tentang Mengatasi Hambatan Diri dalam Public Speaking, Menguasai Komponen Vocal, Verbal, dan Visual Dalam Public Speaking, serta praktek publik speaking. Pemateri lainnya adalah Komarudin Chalil (Ustadz and Trainer The Power of Character), ia (biasa disapa Kang Komar) menyampaikan materi mengenai The Power of Character dan Bagaimana Menjadi Pembicara yang Menggugah dan Mengubah.

Sedang pembicara terakhir yaitu, Ihsanun Kamil Pratama (Marriage Counsellor, Trainer Bidang Pernikahan dan Keluarga, Penulis Buku-buku Tentang Pernikahan Best Seller). Dalam kesempatan tersebut, Kang Canun (biasa dipanggil) berbagi tips dan trik dalam menulis yang baik dan benar. Sehingga materi yang dibawakannya terkait Teknik Penyuntingan, Proses Kreatif dalam Menulis, dan Menyusun Alur Presentasi yang Efektif.

Sebagai informasi, pada MABIMS kali ini, Malaysia mengutus tujuh orang peserta, Singapura tiga orang, begitu pula Brunei Darussalam mengutus tiga orang sebagai peserta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung empat orang peserta, sedang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengutus dua orang peserta yaitu Ariadi Rahman S.Sos (PLKI) dan Luthfy Rijalul Fikri S.Sos.I (Humas).

Selain itu, pada hari terakhir kegiatan, diadakan acara City Tour ke beberapa tempat bersejarah di Bandung dan bersilaturahim dengan Wakil Gubernur Jawa Barat H Dedy Mizwar dan KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). (lrf)