HudhaibiMississauga Canada, BERITA UIN Online– Usai berpamitan kepada Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA pada Jum’at (03/06/16) untuk menjadi imam tarawih di Kanada, Dasrizal Marah Nainin SSI MIS (Dosen Tafsir Hadis Fakultas Ushuluddin) dan Ali Mohammad Al Hudhaibi SSi Lc MA (imam Masjid Jami’ Student Centre UIN Jakarta) melaporkan aktifitas mereka setelah beberapa hari berada di sana.

Ali melalui akun facebooknya pada Ahad (12/6/16) menyampaikan tahun ini umat Islam Kanada berpuasa selama 17 jam. Waktu siang yang lebih panjang tiga jam dari Indonesia membuatnya merasakan suasana yang berbeda di malam harinya.

“Malam hari setelah tarawih kami hanya punya waktu 3 jam untuk istirahat dan sahur. Waktu shalat di sini tidak seperti di Indonesia. Salat tarawih dilakukan pada pukul 22.30 malam dan selesai pada pukul 01.00 pagi,” ujar Ali.

Tadarus Ala Indonesia

Selama 6 hari bertugas, lanjut Ali, kami membaca 1 juz dengan 20 rakaat tarawih (10 rakaat Dasrizal, 10 rakaat Ali Hudhaibi –red.) plus witir ala Mazhab Hanafi. Kami bermusyawarah dengan Imam Besar Masjid IMO (International Muslim Organization) Dr Hamid Slimi, alangkah baiknya bila al-Quran yang dibaca setengah juz saja lalu dilanjut setelah shalat untuk sisanya.

“Ya dengan model tadarus ala Indonesia. Jadi tetap khatam 30 juz. Kami melihat banyak jamaah yang esok harinya kerja,” papar lulusan S1 Fakultas Dirasat Islamiyah tahun 2010 itu.

Ternyata usulannya tersebut disambut baik Hamid Slimi dan jamaah. Menurut imam besar asli Maroko dan masih keturunan Nabi Muhammad SAW itu jamaah shalat tarawih harus diberikan kemudahaan sehingga mereka dapat melaksanakannya dengan khusyu’.

Esok harinya pada malam ketujuh Ramadhan, tadarus bersama setengah juz al-Quran ala Indonesia mulai diterapkan di Sayeda Khadija Centre (SKC) Mississauga Canada.

“Semoga ini menjadi tradisi baik (sunnah hasanah) pada tarawih-tarawih berikutnya dan kami merasa sangat bersyukur atas hal itu,” pungkas pria yang juga alumni Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences Indonesia 2007–2011 tersebut.

Sebagai informasi, siaran langsung solat tarawih dari SKC Mississauga Canada dapat disaksikan melalui: www.skcentre.com/live/. Diawali dengan pembacaan ayat-ayat al-Qur’an pada pukul 22.15 (Eastern Canada Time) bertepatan dengan 09.15 WIB. (mf)

Share This