Gedung FU, BERITA UIN Online— Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Jakarta menandatangani naskah kerjasama akselerasi penulisan artikel ilmiah dengan Pengurus Pusat Himpunan Peminat Ilmu-Ilmu Ushuluddin (HIPIUS). Perjanjian kerjasama dilakukan guna mendorong penulisan dan publikasi artikel ilmiah di kalangan dosen dan peneliti Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta.

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan langsung Dekan FU Prof. Dr. Masri Mansoer M.Ag dan Ketua Umum HIPIUS Dr. Amin Nurdin MA di Gedung FU, Kamis (18/1/2018). Penandatangan disaksikan langsung para wakil dekan, ketua dan sekretaris jurusan Fakultas Ushuluddin.

Dalam sambutannya, Masri berharap sinergi FU dan HIPIUS mampu memfasilitasi proses akselerasi penulisan artikel ilmiah dosen dan peneliti FU. Terlebih keharusan menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal terakreditasi sudah menjadi kewajiban para dosen.

“Tantangan terbesar bagi FU adalah bagaimana meningkatkan kegiatan penulisan dan publikasinya di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional terindeks. Kami harap kerjasama ini bisa menjawab tantangan tersebut,” paparnya.

Di tepi lain, Amin sendiri menyambut baik penguatan sinergi antara FU dan HIPIUS. HIPIUS, sebut Amin, siap memberikan penguatan dan pendampingan aktifitas penulisan akademik para dosen FU. “Kami menyambut baik penguatan sinergi ini. Mudah-mudahan ini mengontribusikan penguatan iklim akademik Fakultas Ushuluddin,” tambahnya.

Sejak berdiri, HIPIUS sendiri telah menerbitkan jurnal Ilmu Ushuluddin yang terbit dua kali dalam setahun sejak tahun 2011. Jurnal memuat artikel bidang keilmuan Falsafat Islam, Kalām, Falsafat Barat, Perbandingan Agama, Tafsir, Hadīts, Studi Agama-Agama. Jurnal Ilmu Ushuluddin sendiri telah berhasil meraih akreditasi nasional. (farah nh/yuni nk/zm)

Share This