Donny Dhirgantoro: Menulis Itu Harus dengan Hati

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Rahmatul Aini

Gedung FIDKOM, UIN Online – Banyak hal yang dapat membuat semangat dalam menulis, salah satunya dengan menonton film. Adegan-adegan tertentu dalam film terkadang dapat meningkatkan memotivasi menulis.

Hal itu disampaikan penulis novel “5 cm” Donny Dhirgantoro dalam acara workshop yang bertajuk Writing to Change yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (BEM-FIDKOM)  di Ruang Teater lantai dua, Rabu (22/12).

“Memang terkadang ada juga saat-saat terjenuh dalam menulis di mana kita menemui  jalan buntu dan tidak tahu harus bagaimana lagi. Tapi justru ini yang membuat kita dapat berfikir bahwasannya kebuntuan itu hal yang sangat biasa bukan hal yang harus ditakuti,” ujar Donny.

Donny menegaskan, selain menonton film, mempelajari proses menulis buku best seller juga dapat memotivasi seseorang dalam menulis. Artinya, motivasi untuk lebih aktif menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan akan tumbuh dengan melihat pengalaman si penulis.

Ia menambahkan, hal terpenting dalam bidang penulisan adalah ide kreatif. Banyak cara untuk mendapatkan ide yang kreatif. Di antaranya dengan melakukan riset dan menuliskannya dengan hati. Setelah itu, tulisan perlu dibaca kembali karena dikhawatirkan ada tulisan yang salah, seperti tanda baca, diksi kalimat, penentuan plot, alur, dan sebagainya.

“Tulislah apa yang ada di fikiran kita, setiap kata dan kalimat yang mengalir begitu saja akan menjadi hal yang luar biasa bila kita menulisnya dengan hati dan penuh kesadaran, bila perlu bertekad yang kuat dalam diri dan tidak pantang menyerah,” tandasnya. []