Dongkrak Syiar Islam di Kampus, LDK Syahid UIN Jakarta Gelar Syahid Fair

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Aula Madya, Berita UIN Online– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus Syarif Hidayatullah (LDK Syahid) menggelar rangkaian acara Syahid Fair yang akan berlangsung dari 17 Oktober sampai 6 November 2016.

Rangkaian Kegiatan Syahid Fair LDK SYahid

Rangkaian acara Syahid Fair LDK Syahid berupa Festival Kemuslimahan, talkshow, beberapa lomba dan diakhiri Seminar Nasional Pemuda Visioner, dari 17 Oktober sampai 6 November 2016.

Kegiatan yang dimulai dengan Festival Kemuslimahan ini berlangsung di Aula Madya UIN Jakarta dengan rangkaian acara selama satu hari, yaitu Fashion Show Competition dan Talkshow Hijrah pada Senin, (17/10/2016).

Hadir sebagai narasumber Larissa Chau (istri Muhammad Alvin Faiz, putra Ust Arifin Ilham) dan Ustadzah Kingkin Anida (Direktur Adara Relief International).

Rangkaian acara Syahid Fair bertema Meretas Syiar Islam Menuju Indonesia Madani: Dari Kampus untuk Negeri itu dibuka secara simbolis oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Razak MA.

Yusron dalam sambutannya menyampaikan apresisasi yang sangat positif terhadap UKM yang berdiri pada 1996 ini.

“LDK menjadi pionir dalam upaya amar ma’ruf nahi munkar. Para pelaku keburukan berlomba-lomba melaksanakan misi mereka dan kita di sini harus berlomba-lomba dalam kebaikan,” ujar Yusron sambil menambahkan, “Urusan berdakwah adalah kewajiban setiap individu.”

Ketua Pelaksana Syahid Fair Muhammad Setiawan mengungkapkan bahwa Syahid Fair merupakan salah satu upaya syiar Islam di kampus UIN Jakarta yang dipersembahkan oleh LDK Syahid.

“Festival Kemuslimahan ini merupakan acara pembuka, adapun ke depannya masih banyak rangkaian acara lainnya,” ujar Setiawan saat ditemui Berita UIN Online usai kegiatan Siraman Ruhani Ba’da Zhuhur di Masjid al-Jamiah UIN Jakarta, Kamis, (27/10/2016).

Diuraikannya, akan digelar juga rangkaian kegiatan lainnya, seperti Talkshow Dakwah Kekinian bersama DAQU Movie, Talkshow Pacaran Antimainstrem bersama Hamas Syahid Izzuddin pemeran film Ketika Mas Gagah Pergi, dan Talkshow Peran Keluarga dalam Mewujudkan Masyarakat Madani bersama para pakar politik seperti Ika Setya, dr Julie Rostina dan Yusri Abadi.

Dalam kegiatan yang dikoordinir bersama LDK Komisariat Dakwah (Komda) beberapa fakultas ini (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Adab dan Humaniora, dan Fakultas Syariah dan Hukum) diselenggarakan juga perlombaan Siswa dan Mahasaiswa Se-Jabodetabek dan Provinsi Banten pada 1-2 November 2016 di Aula Student Center lantai 1, Aula Madya lantai 1 dan Aula Madya lantai 2 UIN Jakarta.

“Jenis-jenis perlombaan berupa pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Arab, debat, pembuatan esai, dan penulisan kaligrafi. Untuk info lebih lanjut hubungi 083874876474 (Jhonli-Informasi Umum) dan 08980477851 (Apri-Pendaftaran dan teknis Lomba). Jangan lupa, cek info lainnya di sosial media @ldksyahid di fb, instagram dan twitter. Lets join and show up your talent,” pungkas Setiawan berpromosi.

Pada puncak acara, akan di tutup dengan seminar nasional bertema “Refleksi Pemuda Visioner Menuju Indonesia yang Berkarakter” menghadirkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Inspiring Motivator termuda se-Asia Tenggara Pendiri Setia Training Center, Setia Furqon Kholid  sebagai narasumber pada Sabtu, 5 November 2016 di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta.

Dalam acara tersebut juga akan disemarakkan dengan reuni akbar keluarga besar LDK Syahid 1996-2016 sekaligus penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba Syahid Fair. (mf/eltriana)