Gedung FDIK, BERITA UIN Online – Dalam rangka menyambut “Campus Broadcasting Expo” yang akan digelar pada September mendatang, DNK TV UIN Jakarta mengadakan talkshow bertema “YouTube Revolution, How About TV” di Ruang Teater Gedung Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), Rabu (2/5). Kegiatan yang dihadiri oleh Youtuber Ewing HD dan Produser Start Up Media Digital Asumsi Dwi Anggraini ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta.

Sebagai content creator, Ewing HD menilai, di era digital saat ini tidak anak muda lebih banyak yang tertarik pada YouTube dibanding televisi. Youtuber dengan subscriber 586.844 ini menegaskan bahwa YouTube lebih mudah diakses dibanding televisi, sehingga peminatnya lebih banyak.

Sependapat dengan Ewing, Dwi Anggraini atau kerap disapa Anggi juga menganggap bahwa YouTube lebih fleksibel, tidak ada regulasi waktu seperti televisi dan bisa diakses di mana saja.

“Kalau di YouTube, khalayak bisa langsung merespon seperti mengeritik pemerintah lewat video, dan memberi masukan di kolom komentar,” ujar Anggi.

Menurut Anggi, untuk membuat konten kreatif harus dimulai dengan melihat dari sudut pandang jurnalis dan masyarakat, memperbanyak referensi tontonan dan bacaan, mengamati, dan melakukan obrolan kecil dengan masyarakat sekitar.

“Terkadang dari obrolan itu bisa timbul berita yang dapat diungkap. Saya berharap dengan adanya kemudahan mengakses teknologi, anak muda di Indonesia lebih pintar dalam memilih konten, tidak mudah terprovokasi, dan tidak bersikap intimidatif terhadap dunia digital,” tegasnya.

Berbeda dengan Anggi, Ewing berpendapat bahwa segala sesuatu dimulai dari menulis. “Mulailah dari menulis karena ide bagus biasanya datang dari tulisan,” ungkap pria yang identik dengan konten horor di YouTube tersebut. Dirinya berharap agar semakin banyak content creator di Indonesia.

Ketua Pelaksana Talkshow Faiz Dzulfikri menjelaskan, tema “YouTube Revolution, How About TV” dipilih karena melihat tingginya minat khalayak terhadap YouTube. Ewing HD dan Dwi Anggraini juga diundang sebagai pembicara karena merupakan seorang yang kreatif, berpengalaman, dan memiliki konten  menarik. Faiz berharap CBX ke depan menjadi acara yang lebih baik dengan menghadirkan narasumber yang lebih mumpuni. (ns/ria umala)

Share This