IAIN Purwokerto, BERITA UIN Online – Sikap jujur harus disertasi kecerdasan. Kejujuran yang disertasi kecerdasan akan membentuk nilai moral, membentuk karakter bagi mahasiswa, yang berujung pada kinerja yang baik. Poin pertama ini sebagai instrumen vital bagi para mahasiswa yang mengikuti pekan olahraga kali ini.

Pesan di atas disampaikan Dirjen Pendis Kemenag, Prof. Dr. Phil Kamaruddin Amin, MA ketika membuka Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) VII bidang olahraga dan seni siap digelar di IAIN Purwokerto, hari ini, 24 – 27 April 2018.

“Dalam pekan pengembangan bakat ini, kinerja adalah elemen pertama bagi mahasiswa. Elemen ini harus ditunjang elemen kedua, kompetensi. Kompetensi ini harus ditumbuhkan dalam dunia mahasiswa untuk menghidupkan potensi-potensi yang ada,” tegas Kamaruddin Amin.

Kontingen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (seragam orange) sedang mengikuti upacara pembukaan IPPBMM.

Selain dua elemen dasar tersebut, kinerja dan kompetensi, Kamaruddin Amin menambahkan bahwa di era digital ini, pemahaman literasi, literasi digital, sebagai karakter revolusi industri keempat, harus dimiliki mahasiswa-mahasiswa sekarang. Dan pemahaman literasi digital ini, lanjut Kamaruddin, tentunya sudah dipelajari di PTKIN tempat mahasiswa belajar.

“Melalui pekan olahradaga dan seni ini, harus dijadikan salah satu instrumen untuk mewujudkan mahasiwa yang memiliki roh kinerja yang baik disertasi nilai-nilai moral dan ditopang semangat kompetensi juga gairah literasi digital. Semoga inisiasi kegaitan hari ini,bisa menghasilkan sesuatu yang produktfi bagi anak bangsa yang memiliki kompetensi, literasi dan karakter, “ ujar Kamaruddin mengakhiri sambutan di acara IPPBMM. (lrf/Edy E)