Serpong, BERITA UIN Online – Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Kamaruddin Amin meminta agar kegiatan Perkemahan Wirakarya (PW) hendaknya dapat bersinergi dengan kegiatan pengabdian masyarakat. Dalam hal ini, kegiatan kepramukaan dapat dikorelasikan dengan misi tridarma perguruan tinggi, terutama pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Kamaruddin Amin saat memberi pengarahan di depan para wakil rektor bidang kemahasiswaan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) se-Indonesia pada rapat persiapan PW PTKIN di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (17/4/2018).

“Kegiatan kepramukaan dapat ditransformasikan ke dalam model pengabdian yang bagus. Demikian juga sebaliknya, program pengabdian masyarakat dapat ditransformasikan dalam Gerakan Pramuka,” katanya.

Sebelumnya, di tempat yang sama, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Arskal Salim mengingatkan agar dalam kegiatan kepramukaan di tingkat PTKIN dapat memberikan banyak kontribusi bagi kemajuan masyarakat dan perguruan tinggi. Kegiatan kepramukaan sangat positif bagi upaya pembentukan karakter mahasiswa.

“Dalam PW mendatang saya berharap ada beberapa kegiatan unggulan yang dapat bermanfaat tak hanya bagi mahasiswa tapi juga bagi masyarakat,” katanya.

Rapat persiapan PW PTKIN digelar Forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan PTKIN se-Indonesia. Rapat di antaranya membahas kesiapan teknis dan konsep acara selama kegiatan berlangsung, baik bagi peserta, pimpinan kontingen maupun rektor se-Indonesia.

PW XIV PTKIN se-Indonesia akan digelar di kampus UIN Pekanbaru, Riau, pada 3-10 Mei 2018. PW diikuti oleh sekitar 2.000 peserta dari 58 PTKIN di seluruh Indonesia. Menurut rencana, PW akan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan dihadiri Ketua Kwartir Nasional Adhyaksa Dault.

Tempat kegiatan PW akan difokuskan di dua titik lokasi, yaitu kampus UIN Pekanbaru untuk perkemahan (basecamp) dan Kabupaten Kampar untuk lokasi bakti (homestay), meliputi Desa Limau Manis (Kecamatan Kampar ), Desa Alam Panjang (Kecamatan Rumbio Jaya), Desa Aur Sati (Kecamatan. Tambang), dan Kelurahan Tebing Tinggi Okura (Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru)..

Pada perhelatan dua tahunan ini, kontingen UIN Jakarta akan mengirimkan sebanyak 30 orang, terdiri atas satu pemimpin kontingen, lima peninjau, empat pembina pendamping, dan 24 peserta. (ns)

Share This