Dewi Motik: Wanita Indonesia Harus Bangkit

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Jaenuddin Ishaq

Ruang Lobi FITK, BERITA UIN Online - Peran wanita dalam membela kemerdekaan Indonesia tak bisa dilihat sebelah mata. Mereka juga ikut berjuang bersama kaum pria membela negara untuk mencapai kemerdekaannya. Karena itu, wanita Indonesia yang hidup di era kemerdekaan harus menyadari dan mengikuti spirit yang telah dicontohkan para wanita pejuang tersebut.

“Wanita Indonesia harus lebih maju dari sebelumnya. Kita harus punya spirit belajar dan bisa unggul di semua bidang,” kata Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Dr Dewi Motik Pramono dalam seminar bertema Wanita dan Peranannya yang diadakan UKM Kalacitra di Ruang Lobi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Rabu (12/1).

Dewi menjelaskan, di zaman modern semangat wanita harus lebih terarah dengan tujuan yang jelas. Dengan memiliki semangat belajar dan komitmen untuk bangkit, bukan tidak mungkin wanita Indonesia akan lebih dihargai. “Kita sangat menyayangkan tenaga kerja wanita (TKW) yang disiksa. Itu disebabkan salah satunya karena pendidikan yang lemah,” ujar Dewi.

Lebih dari itu, seorang wanita juga harus semangat memperluas jaringan pertemanan. Teman yang banyak suatu saat akan sangat berguna sebagai mitra kerja. Karena tak bisa dipungkiri setiap orang membutuhkan kerja sama dengan orang lain. “Ke depan mari kita buktikan, wanita Indonesia lebih maju dan dapat memberikan kontribusi buat bangsa,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, kekayaan sejati tidak terletak pada banyaknya harta yang dimiliki. Sebaliknya, kekayaan sejati terletak pada banyaknya hubungan baik dan bermanfaat dengan orang lain. []