Gd. FISIP, BERITA UIN Online— DEMA FISIP UIN Jakarta mengadakan seminar dan pameran pendidikan serta dialog mengenai cara mendapatkan beasiswa di luar negeri. Acara yang mengusung tema Grab Your Scholarship and Secure Your Future ini, bertujuan untuk memotivasi para mahasiswa agar mau melanjutkan perkuliahan baik di dalam maupun di luar negeri, serta bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa, dosen, dan sivitas akademik FISIP UIN Jakarta juga para tamu undangan, bertempat di Auditorium FISIP UIN Jakarta, Rabu (18/05). Dalam acara seminar tersebut, hadir para narasumber diantaranya, Editha Nurida (Institute Francais), Nada Ayunda (Australia Award), Yos Sudarso (Usaid Prestasi).

Dalam pemaparannya, para narasumber memberikan informasi secara detail mengenai beasiswa yang disediakan oleh lembaga-lembaga penyedia beasiswa seperti LPDP, Eiffel, beasiswa dari pemerintah maupun universitas-universitas dari negara-negara luar.

“Kuliah di luar negeri itu asik dan menyenangkan. Kita akan mengenal berbagai macam budaya, tempat wisata, bahkan kuliner mancanegara yang menarik untuk dicoba oleh para mahasiswa” ujar Nurida.

Sementara itu, narasumber lain, Yos Sudarso mengatakan tips supaya lolos dalam test wawancara adalah mempersiapkan jawaban hal yang akan dilakukan setelah pulang ke Indonesia. “Banyak pelamar yang lupa mempersiapkan apa yang akan dilakukan setelah kembali ? ini menjadi hal penting supaya teman-teman dipertimbangkan dalam kelulusannya,” paparnya.

Hasil pantauan tim BERITA UIN Online, selain seminar beasiswa, panitian juga menghadirkan pameran pendidikan di selasar depan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Puluhan mahasiswa turut mendatangi stand-stand yang telah disediakan dan bertanya-tanya lebih detail tentang bagaimana mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. (Laporan Shabrina Ramadhanti/ LRF)

Share This