CSRC Sosialisasi HAM ke Pesantren

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Surabaya, BERITA UIN OnlineCenter for the Study of Religion and Culture (CSRC) UIN Jakarta dan Konrad Adenauer Stiftung(KAS) menyelenggarakan Capacity Training dan Studi Lapangan (Field Trip) dengan tema “Peningkatan Pemahaman Perdamaian di Pesantren Berperspektif HAM dan Islam”. Acara tersebut diikuti oleh tiga puluh Santriwan dan Santriwati yang berasal dari Surabaya, Gresik, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep, bertempat di Aula Hotel Novotel Surabaya, Rabu-Sabtu (9-12/09).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur CSRC Irfan Abubakar MA dalam sambutannya berharap dengan adanya Training ini dapat menjadikan para santri dan komunitas pesantren sebagai pelopor perdamaian, penyebar Islam rahmatan lil ‘alamin, problem solver konflik secara damai.

“Apabila peserta telah memahami dan menjalankan fungsinya sebagaimana yang kita harapkan, secara tidak langsung telah melanjutkan misi kenabian, yaitu menyempurnakan kemuliaan akhlak manusia melalui penghormatan terhadap hak asasi manusia, sehingga perdamaian di negeri ini akan tercipta,” papar Irfan.

Para trainer sekaligus penulis modul bahan ajar dalam acara ini merupakan ustadz dan ustadzah yang berasal dari Jawa Timur, diantaranya Rosifi, Musriyah, Hindun Tajri, Muhammad Khudhori, Fathullah, dan Mohammad Mosleh.

Acara Training akan ditutup dengan kunjungan bersama ke tempat pengungsi Syi’ah di Rumah Susun Puspo Agro Sidoarjo dengan didampingi oleh Ubed Abdillah Syarif, salah seorang supervisor dari CSRC UIN Jakarta. Para peserta training akan dibimbing untuk melakukan wawancara dan melaporkannya dalam bentuk tulisan. (TAM/ LRF)