Khutbah di Mesjid Al-Jami'ah UIN Jakarta

Khutbah di Mesjid Al-Jami’ah UIN Jakarta

Gd. Rektorat, BERITA UIN Online—UIN Jakarta tengah menyiapkan penulisan dan penerbitan kumpulan khutbah jumat bertajuk ‘Islam Rahmatan Lil-‘Alamin’. Penulisan khutbah yang direalisasikan dari kesepakatan kerjasama antara UIN Jakarta dan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris) dilakukan para dosen UIN Jakarta. Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr. Murodi M.Ag kepada BERITA UIN Online di Gedung Rektorat, Selasa (21/06).

Guru Besar Sejarah Kebudayaan Islam ini menuturkan, bentuk kerjasama UIN Jakarta dan BNPT adalah pembuatan teks khutbah sebanyak 58-60 teks khutbah yang bertemakan Islam Rahmatan lil’Alamin dengan menampilkan moderasi Islam. Tema ini dipilih sebagai ikhtiar menangkal gagasan Islam bercorak radikal. “Dengan khutbah-khutbah bertemakan itu, kita berharap bisa mendorong tetap kuatnya Islam moderat dan penuh penghargaan sesuai visi Islam Rahmatan Lil ‘Alamin,” ujarnya.

Dalam program ini, sambung Murodi, UIN Jakarta juga bakal melibatkan Dewan Mesjid Indonesia dan Badan Kordinasi Majelis Taklim Indonesia. Rencananya, penulisan dan penyusunan kumpulan khutbah sudah selesai pada November mendatang. “Para penulisnya adalah adalah dosen – dosen UIN Jakarta yang ditunjuk untuk memberikan sumbangsih ide dan gagasannya,” tambahnya.

Sebagai informasi, BNPT dalam tugasnya menangkal gerakan terorisme menggandeng perguruan tinggi seperti UIN Jakarta. UIN Jakarta dipercaya BNPT sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam yang mampu menawarkan kajian dan corak keislaman moderat. (Syarifaeni Fahdiah)

Share This