BTN Siap Salurkan Kredit Ringan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berjanji akan memberikan bantuan berupa kredit ringan kepada para karyawan UIN Jakarta. Fasilitas kredit akan diberikan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini, pihak BTN akan memberikan fasilitas kredit apabila karyawan UIN Jakarta mengajukan diri sebagai debitur secara kolektif.

Demikian beberapa butir yang disepakati pada perjanjian kerja sama UIN Jakarta dengan BTN Cabang Ciputat di Gedung Rektorat, Rabu (23/1). Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani antara Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Prof Dr Amsal Bakhtiar dan Kepala Cabang BTN Ciputat Oni Febrianto Rahardjo. Turut menyaksikan Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof Dr Matsna HS, Kepala Biro Adminsitrasi Akademik dan Kemahasiswaan Drs Zaenal Arifin, MPd, dan Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian Drs H Abd Shomad, MA.

“Sesuai isi perjanjian, pihak BTN bersedia untuk memberikan fasilitas kredit ringan. Cara pengembaliannya adalah melalui pemotongan gaji secara langsung dan kolektif,” ujar Oni Febrianto Rahardjo. Sementara sebagai agunan, karyawan cukup menyertakan SK pengangkatan sebagai pegawai UIN Jakarta.

Sebagai salah satu bank milik pemerintah, menurut Oni, BTN termasuk bank paling baik. Meskipun kecil bukan berarti pelayanan tidak diuatamakan. “Justru karena kecil itulah kami lebih mengutamakan pelayanan kepada nasabah agar dapat bersaing dengan bank besar milik pemerintah lain,” tambahnya.

Prof Dr Amsal Bakhtiar menyatakan, perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang sebelumnya sudah ditandatangani antara Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat dan Direktur Utama BTN Pusat Maryono. Isi perjanjian di antaranya menyangkut masalah pembiayaan bagi penunjang kegiatan akademik di UIN Jakarta yang difasilitasi BTN selaku lembaga perusahaan keuangan.

“Karena itu, melalui kerja sama baru ini kami persilakan kepada para karyawan UIN Jakarta untuk mengajukan kredit ringan yang difasilitasi BTN Cabang Ciputat sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Selain menyangkut masalah pembiayaan, UIN Jakarta dan BTN Cabang Ciputat juga telah menyepakati penyediaan fasilitas bersama melalui skema program pengembangan operasional (PPO). Dalam PPO tersebut, BTN di antaranya akan memberikan bantuan berupa penyediaan lima unit sepeda yang diberikan kepada UIN Jakarta serta fasilitas parkir di empat lokasi di kampus UIN Jakarta.

Menurut Amsal, penyediaan fasilitas parkir sepeda di kampus merupakan salah satu bagian dari program UIN Jakarta untuk bebas polusi udara. Saat ini, jumlah pengguna kendaraan bermotor di kampus terus meningkat sementara lahan parkir kian sempit. Oleh karena itu, ke depan kampus diharapkan akan terbebas dari polusi udara baik yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor maupun asap rokok.

“Kita juga akan menyediakan lahan parkir kendaraan bermotor secara khusus,” katanya. (ns)