safdak 2Ruang Theater Prof. Aqib Suminto, BERITA UIN Online— Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) BPI Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta menggelar kegiatan SAFARI DAKWAH (SAFDAK) di Desa Candisari Kecamatan Sambang Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Kegiatan yang dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 21 Januari sampai dengan 04 Februari 2016 ini merupakan kegiatan rutin tahunan selama liburan di semester ganjil.

Demikian disampaikan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) BPI M. Solehudin Harahap kepada BERITA UIN Online, Jumat (05/02). Menurutnya, liburan panjang seharusnya dimanfaatkan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan yang produktif dan positif seperti mengikuti kegiatan safari dakwah. “libur semester pasti panjang sampai dua bulan, rugi kalau hanya main. Lebih baik ikut kegiatan yang bermanfaat” Ujar Soleh.

Diketahui, sebanyak 70 mahasiswa dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi serta beberapa fakultas di UIN Jakarta mengikuti kegiatan sosial keagamaan yang telah diadakan sejak tahun 1995 ini. Kegiatan Safdak sendiri dikemas dalam berbagai acara didalamnya seperti mengajar ke sekolah-sekolah, mengajar ngaji ke warga kampung dan anak-anak, bakti sosial (khitanan massal, kerja bakti), penyuluhan keagamaan, dan tabligh akbar.

Ketua Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Dra. Rini Laili Prihatini, M. Si menambahkan, kegiatan Safari Dakwah merupakan lahan mahasiswa untuk mengamalkan ilmu-ilmu yang telah didapat di perkuliahan dan kemudian dipraktekan di masyarakat. “Safari Dakwah ini harus dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat” tambahnya

Sementara itu, Dr. Arif Subhan, MA, Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi mengatakan kegiatan Safari Dakwah yang dilaksanakan oleh mahasiswa merupakan salah satu bentuk pengamalan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. “kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian pada masyarakat yang ide dan kreasinya dari mahasiswa” ujarnya.   (NJS)

Share This