Biro AUK Serahkan 4 Unit Sepeda Patroli

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) menyerahkan bantuan sedikitnya empat unit sepeda patroli kepada petugas satpam. Sepeda tersebut digunakan sebagai alat transportasi berpatroli di lingkungan kampus 1 dan 2.

Upacara penyerahan dilakukan Kepala BAUK Drs H Abd Shomad MA di depan Gedung Rektorat, Selasa (9/8), disaksikan Komandan Satpam Pardiyono SIP. “Sepeda tersebut untuk membantu satpam berpatroli di kawasan kampus UIN Jakarta. Penggunaan sepeda selain hemat energi, juga dapat menyehatkan badan,” kata Abd Shomad. Sepeda yang diserahkan satu unit untuk di kampus 1 dan tiga unit di kampus 2.

Menurut dia, UIN Jakarta sebenarnya memiliki dua unit mobil elektrik untuk berpatroli. Namun, kendaraan tersebut memerlukan biaya perawatan tinggi sehingga cukup boros. “Harga per unitnya lumayan. Tapi ya apa boleh buat, dengan sepeda ontel justru lebih hemat dan sehat,” kilahnya.

Kawasan kampus UIN Jakarta yang luas memang membutuhkan sarana transportasi khusus untuk berpatroli. Karena itu UIN Jakarta sempat membeli dua unit kendaraan elektrik yang digerakkan dengan tenaga baterai kering. Hanya saja, kendaraan itu menjadi kurang efektif karena butuh perawatan tinggi. Saat ini dua kendaraan elektrik tersebut terpaksa mangkal alias dikandangkan sementara.

“Sebenarnya (kendaraan elektrik) praktis dan mudah, tinggal gas rem. Lagi pula tidak kehujanan atau kepanasan. Tapi apa boleh buat, karena rusak ya terpaksa istirahat,” kata Pardiyono. (ns)