BEM FST Gelar Dekan Sport Competition

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Hamzah Farihin

Lapangan SC, UIN Online - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) menggelar Dekan Sport Competition (D’cost) di Lapangan Student Center. Kegiatan ini sedianya akan berlangsung selama dua pekan, sejak Senin (25/10) hingga Sabtu (7/11).

Ditemui UIN Online di Lapangan Student Center Kamis (28/10), Ketua Panitia Muhammad Awaludin menyatakan kegiatan D’cost dilakukan sebagai ajang pemersatu dan silaturahmi antar mahasiswa agar saling mengenal. “Jadi tak cuma satu jurusan saja yang dikenal akan tetapi semua mahasiswa FST dalam lingkup kecil,” katanya.

Di samping itu, lanjut dia, kegiatan ini juga menjadi ajang mencari bibit atlet berbakat di bidang olahraga futsal, khususnya bagi mahasiswa baru, sehingga suatu saat nanti jika ada turnamen Rektor Cup maupun yang digelar di luar kampus, mereka bisa masuk tim inti dengan para seniornya.

Dalam kegiatan ini digelar tiga cabang olahraga yaitu Futsal, Basket Ball, dan Catur. Untuk kompetisi futsal diikuti 38 tim, Basket Ball delapan, tim dan catur 18 orang.

Sistem pertandingan dalam kompetisi ini yaitu sistem gugur. “Di mana yang kalah tidak berhak mengikuti pertandingan babak berikutnya, akan tetapi untuk Basket Ball dilakukan sistem setengah kompetisi artinya per group yang menang diambil dua tim. Model permainannya pun 3 on 3. Memang kompetisi yang satu ini dikhususkan buat cewek,” ucap mahasiswa jurusan Sistem Informasi itu.

Bagi setiap tim maupun individu yang lolos sampai final, pihak panitia akan menyiapkan dana khusus untuk uang pembinaan dari semua cabang olahraga yang digelar sebesar Rp 2,4 juta ditambah tropy dan sertifikat. Pemberian hadiah tersebut akan diberikan saat penutupan.

“Kami tidak menyebutkan satu per satu setiap tim yang juara besar jumlah uang pembinaan yang akan diberikan, karena takut ada uang yang terpakai saat acara masih berlangsung, karena hadiah uang pembinaan tersebut didapatkan dari uang pendaftaran,” ucap mahasiswa semester lima itu.

Sejauh ini, respon mahasiswa terhadap digelarnya D’cost yang telah berjalan selama empat hari, sangat antusias. “Mereka berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan, dan bahkan ada beberapa tim saat pendaftaran tak bisa masuk kompetisi, dikarenakan telat mendaftar dan  jumlah kuota yang terbatas. Selain itu Dekan sekalipun menyambut baik adanya D’cost ini,” katanya. []