Belasan Mahasiswa Asing Kuliah di UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Mahasiswa Asing UIN JakartaGedung Rektorat, BERITA UIN Online– Tercatat sebanyak 14 mahasiswa asing asal Turki, Philipina, Thailand, dan Jepang diterima menjadi mahasiswa UIN Jakarta pada tahun akademik 2015/2016 ini.

“Turki dua orang, Philipina satu orang, Jepang satu orang, dan Thailand 10 orang,” ujar Rachmat Baihaky MA, Kepala Pusat Layanan Kerjasama Internasional (PLKI) di ruang kerjanya, kantor PLKI, Senin (31/8/2015).

Baihaky menguraikan, Emine Senturk dan Sahan Safiye Selma, keduanya asal Turki diterima di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA), Arafat Gambao Abdulcader asal Philipina diterima di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Perbankan Islam, Michiho Tani asal Kyoto Jepang diterima di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) program studi Sejarah Peradaban Islam.

Sementara mahasiswa asal Thailand Selatan sebanyak 10 orang, yaitu Bunyamin Ya-Koh diterima di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Yamaruddin Songsiri di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Ayup Lateh di FITK Pendidikan Agama Islam, Suraida Dahoh di FAH, Nureesa Salaemae di Fakultas Psikologi, Wilasinee Ma’ di FISIP, Amamar Zoohen di Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI), Sumaiyah Bueto di FITK Pendidikan Bahasa Arab, Wanmuniroh Waeslaemae di FITK Pendidikan Bahasa Inggris dan Anneesa di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Komunikasi Penyiaran Islam.

“9 mahasiswa Thailand mendapatkan beasiswa dari Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Soo Botoh Thailand Selatan, sementara Anneesa biaya sendiri,” terang Baihaky.

Pada tahun 2015 ini, lanjut Baihaky, baik mahasiswa domestik maupun mahasiswa asing tidak ada perbedaan nominal untuk biaya kuliah program Strata 1 (S1). Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing belajar di UIN Jakarta.

“Tahun kemarin biaya kuliah mahasiswa asing hampir dua kali lipat dari mahasiswa domestik. Mulai tahun akademik 2015-2016, biaya kuliah disamakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tentang Biaya Kuliah Program Strata 1 (S1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta No. 05 Tahun 2015 bertanggal 17 April 2015,” ungkap dosen Perkembangan Teknologi Komunikasi FDIK UIN Jakarta itu.

Menurut data PLKI, terdapat 82 orang asing terdaftar sebagai mahasiswa UIN Jakarta yang berasal dari beberapa negara, di antaranya Afrika Selatan, Rusia, Malaysia, Thailand, Somalia, Palestina, Turki, Turkmenistan, Tajikistan, Korea Selatan, Jepang, Iran, Kenya, Timor Leste, Yaman, dan Mesir.