Auditorium Harun Nasution, Berita UIN Online— UIN Jakarta bekerjasama dengan BAZIS DKI Jakarta menyelenggarakan Grand Launching Unit Pengumpulan Zakat. Acara yang bertemakan Pemberdayaan Zakat untuk Kemajuan dan Kesejahteraan Umat. Acara ini bertempat di Auditorium Utama, Selasa (22/03).

Acara ini bermaksud mengoptimalisasi pencapaian UIN Jakarta menuju Research University dengan meningkatkan beasiswa-beasiswa riset mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, tesis, dan disertasi.

Turut hadir Rektor UIN Jakarta Prof DR Dede Rosyada, MA, Prof DR Murodi selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama antar Lembaga, Prof DR Yusron Razak MA selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof DR KH Didin Hafidzuddin, MS selaku Ketua Umum BAZNAS Pusat, Drs H Djubaidi Adih, M.Ag selaku kepala Bazis DKI Jakarta beserta jajarannya.

“Saat ini seperti yang diketahui bersama UIN Jakarta memiliki cita-cita menjadi Research University. Salah satu kualifikasi untuk mencapai itu semua yaitu kampus harus mempunya alokasi dana riset untuk mahasiswa. Setiap tahun nya ada sekitar 1000-1500 mahasiswa UIN Jakarta yang melakukan riset baik dalam tesis maupun disertasinya.” Ungkap rektor.

Rektor juga menegaskan bahwa UPZ ini bersifat himbauan dan tidak diwajibkan (volunteering) untuk seluruh sivitas akademika UIN Jakarta. “Yang pasti dana yang nantinya terkumpul akan di distribusikan untuk dana riset mahasiswa.” Tambah Dede Rosyada.

Sekedar informasi, pada tahun 2016 ini ada 300 mahasiswa UIN Jakarta yang menerima beasiswa Bazis. Diantara dari mereka yang mewakili secara simbolis pemberian beasiswa dari Bazis DKI Jakarta adalah Agus Sulistiyono, mahasiswa FITK (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) dan Dede, mahasiswa FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik). (SF)

Share This