BAN PT Akreditasi Institusi UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ruang Sidang Utama, BERITA UIN OnlineBadan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) selama dua hari, Rabu-Kamis Desember (12-13/12/2012) melakukan akreditasi institusi terhadap UIN Jakarta.

Pelaksanaan akreditasi dihelat di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Lt 2 dan dilanjutkan visitasi ke sejumlah bagian di rektorat, fakultas, Perpustakaan Utama, lembaga-lembaga, unit-unit, dan lain-lainnya.

Terdapat tujuh hal yang dinilai dalam akreditasi institusi, yaitu, visi-misi; tata pamong; kemahasiswaan; sumber daya manusia; kurikulum; keuangan, sarana prasarana; dan penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta kerjasama.

Proses akreditasi langsung dipimpin Ketua BAN PT Prof Dr Mansyur Ramli, dan didampingi empat anggota, yaitu Prof Dr Mauridhi Heri Purnomo (ITS), Prof Eko Ganis Sukoharsono (Universitas Brawijaya/UB), Prof Dr Mohd Amsyar (Universitas Negeri Padang/UNP), dan Prof Dr Djamaluddin Darwis (IAIN Wali Songo).

Pada sesi tanya-jawab, para assesor memberikan apresiasi, kritik dan masukan atas kinerja sivitas UIN Jakarta selama ini. “Kami berikan apresiasi atas isian borang yang dibuat UIN Jakarta,”ujar Prof Dr Eko dengan nada datar.

Bahkan, secara rinci osen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB ini memberikan masukan yang berharga untuk peningkatan kualitas pencapaian visi-misi di UIN Jakarta. “Dari pemeriksaan kami, belum tampak kapan pencapaian visi-misi terwujud,”imbuh asesor Badan Akreditasi Internasional.

Sementara Prof Dr Djamaluddin menyatakan, kualitas dan fungsi penelitian di UIN Jakarta perlu ditingkatkan. “Belum tampak manfaat secara langsung bagi masyarakat dari  penelitian yang dilakukan. Dampak langsungnya belum terasa di masayarakat,”katanya.

Atas berbagai masukan dan kritikan itu, Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat menyatakan, segala masukan dari kritikan dari tim asesor sangat berharga dan positif bagi kemajuan UIN Jakarta. “Dengan kehadiran para assesor, kami menyampaikan apresiasi. Dengan begitu kami tahu kekurangan yang terjadi. Ini momentum bagi sivitas akademik untuk memperbaiki diri,”ujar Rektor.

Pada kesempatan ini, selain tim Lembaga Peningkatan dan Jaminan Mutu (LPJM), para pembantu rektor (Purek), deputi Sekolah Pascasarjana (SPs),  kepala biro, dan kepala lembaga/pusat juga turut hadir mendampingi kelancaran kegiatan tersebut. (d a/Saifudin)