Bagian Kerjasama dan Kelembagaan UIN Jakarta menggelar Workshop Administrasi dan Teknis. Kegiatan yang mengusung tema Penguatan Jejaring Kerjasama Perguruan Tinggi tersebut, dilaksanakan pada, Selasa (21/03), bertempat di Gedung Pusdiklat Pekerjaan Umum dan Perumahan RI, Jalan Sapta Taruna, Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

Pusdiklat PUP RI, BERITA UIN Online— Bagian Kerjasama dan Kelembagaan UIN Jakarta menggelar Workshop Administrasi dan Teknis. Kegiatan yang mengusung tema Penguatan Jejaring Kerjasama Perguruan Tinggi tersebut, dilaksanakan pada, Selasa (21/03), bertempat di Gedung Pusdiklat Pekerjaan Umum dan Perumahan RI, Jalan Sapta Taruna, Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

Semula, acara ini akan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama antar Lembaga  Prof Dr Murodi MA, namun karena yang bersangkutan berhalangan karena mendapatkan tugas dari rektor, maka diwakili oleh Kepala Bagian Kerjasama dan Kelembagaan UIN Jakarta Drs A Zulkifli I. Noor.

Dalam sambutannya, Zulkifli sangat mengapresiasi kegiatan yang diikuti segenap karyawan bagian pengadministrasian yang berasal dari fakultas, lembaga, maupun bagian-bagian yang ada di lingkungan UIN Jakarta tersebut.

“Semoga dengan kegiatan ini, mampu menambah pengetahuan kita tentang bagaimana mengoptimalkan dan memperluas jejaring kerjasama antar lembaga pendidikan, di UIN Jakarta,” ujarnya lugas.

Di waktu yang sama, Zulkifli juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para narasumber yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut. Selain itu, ucapan yang sama juga ditujukan kepada seluruh panitia yang telah berjibaku mensukseskan acara tersebut.

Dari pantauan BERITA UIN Online di lokasi terlihat, acara tersebut menghadirkan tiga narasumber ahli. Diantaranya, Dr Aris Yunanto (Peneliti dan Dosen UI), Al Busyra Basnur (Direktur Diplomasi Publik Kemenlu RI), dan terakhir Kasubdit Program Internasional, Direktorat Kerjasama dan Program Internasional Drs Eko Hari Purnomo STp MSc.

Ketiga narasumber menyampaikan materi yang berkaitan dengan bidang kerjasama. Aris Yunanto misalnya, menjelaskan materi dengan tajuk Strategi Pengembangan Kerjasama Antara Universitas, Pemerintah, dan Industri, sedang Al Busyra Basnur menjelaskan materi tentang Pentingnya Penguatan Jejaring Kerja Sama Perguruan Tinggi, adapun Eko Hari Purnomo, pada kesempatan tersebut memaparkan materi mengenai Inisiasi dan Pengembangan Kerja Sama di Perguruan Tinggi.

Menurut Aris Yunanto, kerjasama antara pemerintah, universitas, dan indsutri nampaknya perlu dilakukan. Pasalnya, ketiga komponen ini saling membutuhkan. Selain itu, perkembangan ketiga komponen tersebut akan melambat bahkan statis, apabila tidak saling menunjang.

Pernyataan tersebut diperkuat oleh penjelasan Busyra Basnur, dirinya mengatakan bahwa, terdapat beberapa program di masing-masing tubuh ketiga elemen itu yang tidak dapat dijalankan apabila kerjasama tidak dijalin.

Masih di tempat yang sama, Eko Hari Purnomo lebih menjelaskan mengenai peraturan dan teknis kerjasama yang akan dilakukan antar lembaga, komponen kerja sama, tujuan, asas, serta kaitan kerjasama dengan kinerja institusi.

Para peserta nampak antusias mengikuti kegiatan yang dimulai pukul 08.00 s.d 16.00 WIB tersebut, hal ini terbukti dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta kepada para narasumber. (lrf/hmn)

 

Share This