Gedung FDIK, BERITA UIN Online – Bagian Kemahasiswaan UIN Jakarta menggelar workshop pelatihan manajemen keuangan bagi para pengelola lembaga kemahasiswaan di tingkat universitas dan fakultas. Workshop berlangsung di Ruang Teater Gedung Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta pada 12-13 Februari 2018.

Workshop pelatihan manajemen keuangan yang dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Razak itu diikuti oleh sedikitnya 100 peserta. Mereka merupakan perwakilan dari seluruh lembaga kemahasiswaan, seperti senat mahasiswa universitas/fakuktas (Sema U/F), dewan mahasiswa universitas/fakultas (Dema U/F), himpunan mahasiswa jurusan (HMJ), dan unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM). Peserta workshop di antaranya diwakili oleh seorang ketua dan bendahara.

Workshop pengelolaan keuangan digelar guna memberikan panduan kepada para pengelola lembaga kemahasiswaan dalam mengelola keuangan. Peserta diberikan materi di antaranya mengenai pengetahuan dasar pengelolaan keuangan, seperti sumber keuangan, tata kelola, dan sistem pelaporan.

Kepala Sub Bagian Bina Bakat Mahasiswa R Trisno Riyadhi MM mengatakan, penyelenggaraan workshop manajemen keuangan bertujuan agar para pengelola lembaga kemahasiswaan memahami dengan benar sistem tata kelola keuangan yang berlaku di UIN Jakarta. Melalui workshop peserta diharapkan dapat mengelola dan melaporkan atas penggunaan keuangan secara efektif, transparan, dan akuntabel.

 “Pengurus baru lembaga kemahsiswaan umumnya kan belum banyak yang memahami masalah penggunaan dan sistem pelaporan keuangan. Oleh karena itu mereka kita bekali dulu pengetahuan dan keterampilan tentang tata kelola keuangan, baik sebelum maupun sesudah anggaran tersebut digunakan,” katanya.

Trisno juga berharap para pengelola lembaga kemahasiswaan dapat mengelola dan memanfaatkan anggaran yang diberikan kepada masing-masing lembaga tersebut secara tepat sasaran. Jangan sampai anggaran yang diberikan penggunaannya lebih besar pasak daripada tiang.

“Intinya, pelatihan manajemen pengelolaan keuangan ini untuk memberikan rambu dan panduan teknis, sehingga tidak keluar dari aturan yang ada,” kilahnya.

Dalam workshop tersebut, hadir sebagai pemateri di antaranya Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Drs Subarja MPd, Kepala Bagian Keuangan Dra Siti Sugiarti, dan Kepala Satuan Pemeriksa Internal Ahmad Cahya. (ns)

Share This