Awal Ramadhan, Kampus UIN Jakarta Lengang

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Marisha Arianti Agustin

Kampus UIN, BERITA UIN Online – Awal puasa Ramadhan kawasan kampus UIN Jakarta terlihat sepi dan lengang. Hal itu terjadi seiring dengan libur panjang perkuliahan semester genap tahun akademik 2010/2011. Sementara perkantoran tetap buka alias tidak libur.

Awal Ramadhan jatuh pada Senin (1/8) lalu. Beberapa tempat yang biasanya ramai, seperti gedung Perpustakaan Utama, gedung fakultas, dan gedung Student Center, hari itu justru terlihat sepi. Hanya terlihat beberapa mahasiswa yang masih mengkikuti perkuliahan semester pendek dan melakukan validasi atau daftar ulang.

Sebagian mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidikom) masih mengikuti perkuliahan semester pendek. Fidikom menjadwalkan perkuliahan semester pendek berakhir hari ini. Sementara itu, perkuliahan semester pendek di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) berakhir minggu lalu. Sedangkan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), perkuliahan semester pendek masih berlangsung hingga 14 Agustus mendatang.

Hari pertama puasa membuat mahasiswa enggan melakukan kegiatan apa pun di kampus. Cuaca panas membuat jalanan terasa panas dan berdebu. “Saya malas ke luar rumah saat awal puasa, cuaca yang panas membuat bibir dan tenggorokan kering,” ujar Dewi Rifqina, mahasiswi Jurusan Jurnalistik Fidikom.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan BERITA UIN Online, perkantoran di kampus UIN Jakarta sejak awal puasa tetap buka. Sebab, bagi pegawai negeri sipil (PNS) hari pertama puasa tetap masuk. Layanan mahasiswa seperti di Bagian Akademik tetap dilakukan dan berjalan normal. Begitu pula layanan mahasiswa di gedung-gedung fakultas maupun perpustakaan.