Awal Perkuliahan, Kegiatan Akademik Berjalan Lancar

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat-BERITA UIN Online–Perkuliahan di UIN Jakarta pada semester ganjil tahun akademik 2012/2013 mulai aktif pada Senin, 3/9. Sejak pagi, mahasiswa aktif, baik yang lama maupun yang baru terlihat mulai berdatangan.

Kesibukan pada hari perdana perkuliahan terlihat di fakultas-fakultas. Para staf administrasi harus datang lebih awal setengah jam dari hari biasanya.

“Masuk kantor di UIN Jakarta jam 07.30 sampai jam 8.00, tapi hari ini kami harus datang setengah jam lebih awal, karena banyak mahasiswa dan dosen yang memerlukan pelayanan terkait dengan absen dan jadwal perkuliahan,”akuFaza Amri, staf Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di sela-sela kesibukannya melayani mahasiswa dan dosen.

Menurutnya, tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.”Kita tidak perlu repot-repot menempel jadwal di papan pengumuman seperti tahun-tahun lalu, karena untuk jadwal perkuliahan semua sudah di-up load di AIS (Academic Information System), jadi baik mahasiswa maupun dosen, sudah tahu jadwalnya masing-masing,”imbuhnya.

Tak hanya kantor fakultas  yang sibuk. Tempat parkir yang selama dua bulan ini relatif lengang karena mahasiswa lama sedang libur akhir semester dan lebaran selama dua bulan, pada hari ini pemandangannya jauh berbeda. Beberapa orang satpam terlihat sibuk mondar-mandir mengatur kendaraan roda dua yang akan parkir. Mereka sengaja dikerahkan untuk membantu petugas parkir pada hari perdana kuliah pasca liburan lebaran dan seleksi penerimaan mahasiswa baru.

“Biasanya parkir hanya satu baris, sekarang bisa dua sampai tiga baris. Kalau tidak diatur, nanti bisa sembarangan parkirnya,”kata  Yubi Hamka, salah seorang satpam UIN Jakarta yang sedang piket.

Tahun ini mahasiswa baru di UIN Jakarta berjumlah 4.536 orang dari sekitar 20 ribuan pendaftar yang dijaring melalui 5 jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru. (MF)