Rudi Subiyantoro

Gedung Akademik, BERITA UIN Online – Seluruh aparatur sipil negara (ASN), terutama para pegawai negeri sipil (PNS), di UIN Jakarta diimbau untuk mengikuti uacara peringatan Hari Kemederkaan Republik Indonesia ke-72 pada 17 Agustus 2017. Para ASN juga wajib mengisi daftar hadir yang disediakan oleh unit kerja masing-masing.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) Dr Rudi Subiyantoro kepada BERITA UIN Online di Gedung Akademik, Senin (14/7/2017). “Sebagai aparatur sipil negara kita wajib mengikuti upacara (Hari Kemerdekaan) tersebut. Karena itu saya mengimbau agar seluruh ASN dapat hadir untuk memperingatinya,” katanya.

Menurut Rudi, Hari Kemerdekaan RI merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Selain akan diperingati secara nasional di Istana Negara, di masing-masing instansi pemerintah, termasuk lembaga pendidikan, juga selalu diperingati untuk mengenang sejarah perjalanan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari sebelum hingga diproklamirkannya pada 17 Agustus 1945.

“Karena itu kita sebagai abdi negara dan bahkan semua rakyat Indonesia harus merayakannya dengan penuh khidmat melalui upacara pengibaran bendera merah putih,” ujarnya.

Upacara peringatan HUT RI ke-72 di UIN Jakarta akan digelar di lapangan Gedung Center pada 17 Agustus 2017 pukul 06.00 WIB dengan acara inti pengibaran bendera merah putih. Upacara akan dipimpin Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada, sedangkan para petugas upacara dilakukan para wakil dekan bidang kemahasiswaan dan dari unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Seperti diberitakan sebelumnya, petugas pengibar bendera merah putih akan dilakukan oleh pasukan pengibar bendera (paskibra) dari Resimen Mahasiswa (Menwa). Petugas lainnya pembacaan teks Pancasila oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Adab dan Humaniora Dr Zubair, pembacaan naskah Proklamasi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Syariah dan Hukum Dr Ahmad Tholabi Karlie , dan pembacaan naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Dr Fauzan. Sedangkan pembacaan doa akan dilakukan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin Drs Suryadinata MA.

Selain pengibaran bendera merah putih, pada upacara juga akan disematkan penghargaan Presiden RI berupa Satyalencana Karya Satya kepada para PNS. Sumber di Bagian Kepegawaian menyebutkan, ada sedikitnya 21 PNS yang akan memperoleh penghargaan tahun ini. Penghargaan Satyalencana 30 tahun diberikan kepada 18 PNS dan penghargaan Satyalencana 20 tahun diberikan kepada 3 PNS. (ns)

 

Share This