American Corner Gelar Pameran Foto Para Musisi AS

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Hilda Savitri

Pepustakaan Utama, BERITA UIN Online – American Corner (Amcor) UIN Jakarta menggelar pameran fotografi di lantai dasar Gedung Perpustakaan Utama (PU). Pameran yang memamerkan 55 foto ini berlangsung sejak 22 hingga 28 Juni mendatang.

Dalam pameran bertema “Jam Session America’s Jazz Ambassadors Embrace The World” itu terpampang foto-foto perjalanan sejumlah musisi Amerika-Afrika, seperti Louis Amstrong dan Edward Kennedy Duke Ellington, ke sejumlah negara untuk mengadakan konser musik secara spontan. Foto-foto yang diambil antara tahun 1950-1980-an tersebut merupakan hasil karya para fotografer kelas dunia yang tergabung dalam Meridian International Center.

Direktur Amcor Amrullah Hasbana MA mengatakan, dari foto-foto yang dipamerkan dapat dilihat gambaran para musisi jazz tersebut berbaur dengan penduduk di tiap negara melalui musik.

“Sekecil apapun media yang digunakan, bisa membuat kita lebih mengenal orang lain, termasuk dengan musik,” tutur Amrullah kepada BERITA UIN Online di Gedung PU, Kamis (23/6).

Pameran ini bukan yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya pameran telah diadakan di sejumlah negara di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia termasuk Indonesia.

“American Corner yang menjadi bagian dari Perpustakaan Utama berkewajiban memberikan informasi apa pun kepada seluruh sivitas akademika. Dalam kesempatan kali ini, pameran memberikan informasi mengenai perkembangnan musik jazz di dunia,” katanya.

Pameran yang bertujuan agar generasi muda Amerika lebih mengenal budayanya dan mau berbagi kepada masyarakat dunia ini juga banyak memberi keuntungan bagi UIN Jakarta. Selain memberikan informasi, kegiatan ini juga dapat menjadi jalan timbulnya kerja sama antara Pemerintah Amerika dan UIN Jakarta di bidang lain.