Alumni : Sarjana Harus Kreatif

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gd. Theater Prof. Aqib Suminto, BERITA UIN Online— Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rizaludin Kurniawan, M.Si memberikan sharing (pengalaman) alumni dalam acara pelepasan alumni wisuda angkatan 99 pada hari kamis (18/02) di gedung theater lantai 2 Prof. Dr. Aqib Suminto Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Dalam sambutannya, Rizal mengatakan bahwa menjadi seorang sarjana harus memiliki kreatifitas yang tinggi supaya dapat bersaing di dunia luar setelah lulus. “Setelah wisuda nanti  anda akan berhadapan dengan dunia nyata. Saat ini yang dapat bersaing adalah orang-orang kreatif” ungkapnya.

Lulusan UIN (dulu IAIN) Jakarta angkatan 1995 ini menambahkan bahwa era industri dan teknologi informasi sudah melewati masanya, dan saat ini industri kreatifitas lah yang akan menguasai sebagian besar ekomomi dunia. “Sekarang bukan lagi era industri dan teknologi informasi yang menjadi perhatian dunia, tetapi dunia kreatifitas yang menggerakan sebagian besar perekonomian masyarakat.” tambahnya.

Produser film layar lebar Sepatu Dahlan dan Toba Dreams ini berharap para lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta khususnya FDIKOM bisa memasuki beberapa sektor industri kreatif seperti dunia perfilman, penyiaran, dan media. Hal ini supaya produk-produk yang menjadi konsumsi masyarakat memiliki nilai-nilai keislaman dan budaya yang mendidik.

Selain itu, Direktur Pusat Ekonomi Kreatif (PEKRAF) UIN Jakarta ini juga mengajak para calon wisudawan untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan ekomomi kreatif dan tidak melupakan almamater. Dengan begitu dukungan kepada UIN Jakarta untuk menjadi PTN BH akan terbantu salah satunya dengan memajukan sektor ekonomi kreatif sebagai salah satu sumber dana. (njs)