Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN Jakarta menggelar workshop multimedia. Senin (17/07), Auditorium Harun Nasution

Auditorium Utama, BERITA UIN Online— Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN Jakarta menggelar workshop multimedia. Kegiatan yang bertujuan memberikan pengetahuan tentang teknik pembuatan film dokumenter kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UIN Jakarta ini, diikuti sedikitnya 200 mahasiswa yang pada tanggal 25 Juli nanti akan melaksanakan KKN.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan yang dilaksankan pada, Senin (17/07) itu, Merdi Sofyansyah (Kepala News Support SCTV), dari pengelola potal inspirasi.co, dan Dedi Fahrudin (DNK Tv) FIDK UIN Jakarta.

Hasil pantauan BERITA UIN Online di lokasi terlihat, peserta workshop nampak antusias mengikuti jalannya acara. Selain itu, antusiasme mereka terlihat ketika banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan kepada para narasumber. Pertanyaan tersebut berkisar tentang teknik membuat film dokumenter, sisi yang perlu diperhatikan dalam pembuatan film tersebut, dan bagaimana film dokumenter yang dibuat mampu menggugah dan menumbuhkan empati serta rasa ingin tahu penonton.

Di tempat terpisah, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Djaka Badranaya SAg ME kepada BERITA UIN Online mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sengaja dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan dan keahlian kepada mahasiswa dalam pembuatan film dokumenter. Pasalnya, mulai tahun lalu, mahasiswa yang melakukan KKN dalam pelaporannya harus menyertakan film dokumenter selama pelaksanaan KKN.

“Dengan film tersebut, diharapkan mampu meningkatkan publikasi kegiatan mahasiswa UIN Jakarta, khususnya saat mereka melakukan kegiatan selama KKN. Selain itu, dengan film tersebut, maka keadaan masyarakat dimana mahasiswa tersebut melakukan KKN akan terlihat, baik keadaan ekonomi, sarana dan prasarana, maupun tingkat pendidikannya,” jelas Djaka.

Masih menurut Djaka, dengan film tersebut, diharapkan mampu menumbuhkan empati berbagai kalangan akan kondisi dan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh masyarakat setempat. Karena, selama ini masih banyak masyarakat yang kurang mendapatkan perhatian dari pihak-pihak terkait.

“Film ini juga berisi tentang keadaan alam sekitar, dimana nantinya akan disertai pesan-pesan yang disampaikan kepada penonton tentang bagaimana tindakan yang harus dilakukan guna melestarikan alam sekitar,” tambahnya.

Sebagai informasi, KKN akan dilaksanakan selama satu bulan mulai tanggal 25 Juli hingga 25 Agustus 2017, dan akan ditempatkan dibeberapa desa yang tersebar di wilayah Banten dan Kabupaten Bogor. (lrf)

 

Share This