90 Orang Ikuti Seleksi Masuk SPs UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

SPs, BERITA UIN Online–Sebanyak 90 orang mengikuti seleksi masuk Sekolah Pascarsajana (SPs)  UIN Jakarta pada semester genap tahun akademik 2012/2013, Selasa (5/2/2013), di  Sekolah Pascarsajana (SPs).  Dari jumlah tersebut,  sebanyak 57 peserta mendaftarkan diri pada jenjang magister (S2) dan 27 orang mengikuti seleksi  jenjang doktor (S3).

“Itu calon mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Sedangkan yang berasal dari luar negeri ada 6 orang. jadi total ada 90 orang yang ikut ujian,” ujar Deputi Direktur Akademik dan Kerjasama Prof Dr Suwito di SPs.

Enam peserta yang ikut seleksi pada semester ini semuanya berasal dari negara-negara Timur Tengah.

Seleksi  masuk SPs UIN Jakarta terdiri atas Tes Potensi Akademik, TOEFL, TOAFL, Ujian Lisan, dan Ujian Proposal Tesis/Disertasi. “Bahan tes TPA dibuat oleh Pusat Laboratorium Psikologi (PLP) UIN Jakarta,” sambungnya.

Pelaksanaan tes langsung diawasi oleh para deputi dan tim dari PLP. Tes masuk SPs ini digelar selama 3 hari, Selasa-Kamis (5-7/2/2013).

Pada hari pertama, peserta mengikuti ujian TPA. “Ada juga tes penguasaan Bahasa Indonesia bagi mereka yang dari luar negeri,” ujar Kasubbag Tata Usaha SPs Drs Hendra Syukri MSi.

Dari pantauan BERITA UIN Online di tiga ruangan yang digunakan tempat ujian, para peserta ujian sangat  serius mengerjakan soal-soal yang diujikan. Maklum saja, mereka harus menjawab ratusan TPA dalam waktu yang terbatas. (Saifudin)