90 Mahasiswa Ikut Awasi Peserta UMB PT

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Reporter: Hafsa Tia Annisah

Jakarta, BERITA UIN Online – Sebanyak 90 mahasiswa UIN Jakarta ikut dilibatkan sebagai pengawas kelas pada seleksi calon mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) di Panitia Lokal Jakarta, Sabtu (9/7). Selain mahasiswa UMB-PT juga melibatkan unsur dosen dan karyawan.

Mahasiswa yang terlibat sebagai pengawas berasal dari beberapa fakultas. Mereka disebar di lima lokasi ujian di DKI Jakarta, yakni SMKN 1, SMKN 27, SMAN 182, SMPN 5, dan SMAN 55.

UMB PT 2011 digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Ujian dimulai pada pukul 08.00-14.15 WIB. Peserta UMB-PT terbagi ke dalam tiga kelompok, yakni Kelompok IPA, Kelompok IPS, dan Kelompok IPC. Adapun materi yang diujikan meliputi Tes Nalar Sains (Kelompok IPA dan IPC), Tes Nalar Matematika dan Bahasa (Kelompok IPA, IPS, IPC), serta Tes Nalar Ilmu Sosial (Kelompok IPS, IPC).

UMB-PT merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh 12 PTN, 8 PTS, dan satu perguruan tinggi asing (International Development Program/IDP, Australia)

Para peserta UMB-PT 2011 ini bersaing untuk memperebutkan 10.238  kursi (12 PTN) dan 8.377 Kursi (8 PTS) serta sejumlah kursi di IDP.