80 Mahasiswa Baru Fakultas Ushuluddin Terima Beasiswa BLU

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Pusat Pelayanan Administrasi Terpadu, BERITA UIN Online- Sebanyak 80 mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin mendapatkan beasiswa Badan Layanan Umum (BLU) UIN Jakarta.  Dari jumlah tersebut, 27 diterima pada Program Studi (Prodi) Perbandingan Agama, 28 orang diterima pada Prodi Aqidah Filsafat, dan sebnayak 25 orang diterima pada Prodi Tafsir Hadis.

Mereka yang mendapatkan beasiswa BLU dibebaskan membayar biaya perkuliahan selama masa studi. “Jadi mereka tinggal kuliah saja,” ujar Toto Tohari, staf Akademik Fakultas Ushuluddin ketika ditemui BERITA UIN di Gedung Pusat Pelayanan Administrasi Terpadu (PPAT), Jum’at (31/8).

Menurutnya, minat masyarakat untuk mendapatkan beasiswa ini cukup tinggi. Karena itu pula peluang untuk diterima juga cukup kompetitif. “Dari 460-an orang yang mendaftar, kita saring hanya 80 orang yang lulus,”katanya.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, terang alumni Prodi Tafsir Hadis itu, para calon cukup mengajukan nilai raport sekolah dan sejumlah persyaratan lain. “Syarat utama itu nilai raport. Nilai rata-rata yang lulus itu harus 7. Kalau di bawah 7 tidak berhak mendapatkan beasiswa ini,”sambungnya.

Untuk menjaring para calon peserta, paparnya, Fakultas Ushuluddin mengirimkan brosur kepada 126 MA dan SMA, baik negeri maupun swasta, serta pesantren di sekitar Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat., serta beberapa wilayah Indonesia lainnya. “Peserta yang lulus ada yang dari Papua,”katanya.

Hilda Nasyia, salah satu peserta penerima beasiswa BLU, mengaku bahagia.”Ya Alhamdulilah senang,”katanya.

Alumni MA Manaratul Islam Jakarta Selatan itu tidak menyangka, jika dirinya lulus dalam seleksi beasiswa BLU ini. Pasalnya, sebelum mendaftar dan mengikuti seleksi beasiswa ini, ia pernah ikut seleksi masuk UIN Jakarta. Namun ia lolos, alias gagal. “Waktu milih Prodi Teknik Informatika dan Akuntasi,”terangnya.

Seperti diketahui Beasiswa BLU tidak hanya diberikan Fakultas Ushuluddin. Dua Fakultas lain, yaitu Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) dan Fakultas Adab-Humaniora (FAH) juga menyedikan beasiswa serupa. Namun, kuota terbanyak dimiliki Fakultas Ushuluddin. (d antariksa/saifudin)