794 Siswa Ikuti Seleksi PMDK

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online–Sebanyak 794 siswa dari 225 Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan pesantren mengikuti seleksi masuk UIN Jakarta melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) UIN Jakarta Tahun Akademik 2012.

Menurut Kepala Bagian Kerjasama Drs Abdul Aziz Hasibuan MPd, untuk menjaring siswa sebanyak itu  pihaknya sebelumnya telah mengundang 914 sekolah dari seluruh penjuru Tanah Air. “Kita kirim undangan seleksi melalui jalur ini dari Aceh sampai Papua, termasuk Bali,’ papar Abdul Aziz.

Abdul Aziz mengungkapkan, dari 225 sekolah yang ikut seleksi peminat terbanyak berasal dari SMA Negeri. “Dari pesantren tidak banyak. Sedangkan dari SMA Negeri ada sekitar 71 sekolah. Selanjutnya dari MA Negeri dan SMA Swasta,” papar Abdul Aziz.

Seperti pada tahun sebelumnya, Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) adalah prodi yang banyak diperebutkan para siswa sekolah pada seleksi jalur PMDK kali ini. “Ada 107 siswa yang mendaftar. Prodi yang lain tidak sampai 100 peminat,” katanya.

Meski demikian, pada umumnya semua prodi fakultas-fakultas umum diminati para siswa. Karena itu pula, peluang untuk diterima di prodi-prodi tersebut relatif ketat.

Dijelaskannya, bagi siswa yang tidak lulus seleksi jalur PMDK, maka ia bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN Jalur Tulis, SPMB PTAIN, dan Ujian Mandiri. “Biaya kuliah di UIN Jakarta dengan seleksi jalur apa saja, sama semua. Jadi tidak perlu sedih bagi yang belum lulus dengan jalur PMDK., karena ada jalur lain,”saran dia.

Ditambahkannya, dari 225 sekolah dan pesantren yang ikut seleksi PMDK kebanyakan berasal dari sekolah dan pesantren yang berada di Provinsi Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.”Dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah juga ada,”akunya. (Zaenal M)