78 MA-SMA se Jakarta, Tangsel, dan Depok Ikuti Sosialisasi SPMB PTN

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Auditorium Prof Dr Harun Nasution, BERITA UIN Online– Sebanyak 78 SMA dan MA, baik negeri maupun swasta, di wilayah Jakarta Barat,  Jakarta Selatan, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Depok, mengikuti sosialisasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN), di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Selasa (8/1/2013).

Acara sosialisasi ini dihadiri para kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru bimbingan-konseling (BK), serta sejumlah dekan dan pembantu dekan di lingkungan UIN Jakarta.

Pembantu Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Moh Matsna HS MA dalam penjelasannya kepada para peserta menjelaskan, hal yang penting bagi sekolah adalah mengisi Pangkalan Data Sekolag dan Siswa (PDSS) dengan benar dan lengkap. “Sekolah harus mengisi PDSS sesuai ketentuan yang dibuat pemerintah,” ujarnya.

Selain memparkan, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013,  Guru Besar Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) itu juga menyampaikan SPMB UIN Jakarta.

“UIN Jakarta menyelenggarakan beberapa jalur masuk. Selain SNMPTN, kita juga ada jalur SPMB PTAIN, Ujian Mandiri, dan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).” papar dia.

Dijelaskannya, PMDK UIN Jakarta kali ini tidaklah sama dengan PMDK pada tahun-tahun sebelumnya. “PMDK kali ini hanya dikhususkan untuk Fakultas Ushulddin, Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI), dan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH),” terangnya.

UIN Jakarta menyelengarakan acara tersebut, karena pada 2013 ini banyak perubahan tentang SPMB, baik secara nasional maupun di UIN Jakarta sendiri. “UIN Jakarta melakukan kegiatan ini karena ada perubahan nama, cara, dan prosedur SPMB,” ujar Kasubbag Pelayanan Informasi dan Humas, Feni Arifiani, SH, MH.

Menurut Feni, beberapa perubahan SNMPTN 2013 dibanding pada tahun-tahun sebelumnya antara lain, SNMPTN 2013 ini hanya diperuntukkan bagi jalur penelusuran prestasi akademik saja dan siswa lulusan 2013. “Untuk jalur tulis namanya Seleksi Bersama Masuk PTN (SBM PTN),” kata Feni. (da/Saifudin)