70 Mahasiswa Asing Siap Kuliah di UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Sebagian dari 70 mahasiswa asing sudah tiba di UIN Jakarta. Mereka sudah mengikuti aktifitas yang diselenggarakan PLKI UIN Jakarta.

Sebagian dari 70 mahasiswa asing sudah tiba di UIN Jakarta. Mereka sudah mengikuti aktifitas yang diselenggarakan PLKI UIN Jakarta.

Gd. Rektorat, Berita UIN Online-  70 orang pelajar dari berbagai negara Afrika, Amerika, dan Asia seperti Gambiam Maroo, Kanada, dan Thailand siap menjadi mahasiswa baru UIN Jakarta tahun akademik 2016/2017. Ke-70 mahasiswa kuliah di berbagai fakultas dengan Beasiswa Rektor UIN Jakarta.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Layanan Kerjasama Internasional (PLKI) UIN Jakarta Rachmat Baihaqi MA kepada BERITA UIN Online, Jumat (24/06). Menurutnya, ke-70 mahasiswa tersebut sudah resmi menjadi mahasiswa UIN Jakarta dan sebagian besar mahasiswa asing tersebut sudah tiba di Indonesia.

“Sebagian masih harus mengurus visa dan izin di kedutaan masing-masing. Tapi mereka siap untuk mengikuti proses belajar tahun ajaran 2016/2017,” terang Rachmat.

Rachmat menjelaskan, program beasiswa yang didapat ke-70 mahasiswa asing merupakan program beasiswa yang sudah berlangsung sebelumnya. Berbeda dengan sebelumnya, jumlah program beasiswa ini diperluas sehingga lebih banyak menjangkau mahasiswa asal berbagai negara.

“Beasiswa Rektor sendiri diberikan sebagai beasiswa studi bagi para mahasiswa asing untuk masa belajar selamat empat tahun atau delapan semester. Untuk biaya hidup selama menjadi mahasiswa ditanggung sendiri oleh mahasiswa,” paparnya.

Untuk pilihan studi, ke-70 mahasiswa ini mengambil pilihan studi yang beragam. Namun, dari seluruh fakultas, Fakultas Sains dan Teknologi yang paling banyak mereka minati. Selanjutnya, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Ditambahkan Rachmat, keberadaan program ini sendiri merupakan ikhtiar UIN Jakarta dalam mengontribusikan peran keilmuan dan keislaman bagi masyarakat dunia. Kontribusi ini sejalan dengan upaya UIN Jakarta menjadi perguruan tinggi berkelas dunia (World Class University. (Laporan Ikhda K./zm/fa))