7 Mahasiswa UIN Jakarta Ikut ILC di New Zealand

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

International Office (IO), BERITA UIN Online– Sebanyak tujuh mahasiswa UIN Jakarta akan mengikuti program Intercultural Leadership Camp (ILC) di Victoria University Wellington, New Zealand pada 1-8 Desember 2012.

Mereka adalah Ismi Putri Rahmah (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FITK), Vinken Geovanisa W (FDI), Tendi (Prodi IPS FITK), Airlangga Dwi Putra (Prodi Akuntasi Internasional FEB), dan Alvien Rindra Fazrie (Prodi Teknik Inforamtika FST), serta  Riana Mardila dan Yurika N Rahamh (Program Studi/Prodi Hubungan Internasional FISIP).

Untuk mengikuti kegiatan tersebut, sebelumnya  para peserta ILC itu harus menjalani sejumlah tes, antara lain, kemampuan berbahasa Inggris, wawasan kepemimpinan, dan lain-lainnya.

Selama sepekan di New Zealand, peserta akan mengitui  beragam kegiatan, antara lain diskusi tentang interfaith dialogue, ethic, global interdepedence, games, dan sebagainya. “Mereka akan berdikusi dengan mahasiswa di sana,”ujar M Alfajri MAIR,  staf International Student IO di ruang kerjanya IO, Selasa (27/11/12).

Dengan mengikuti kegiatan tersebut, kata dia, diharapkan para mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan wawasan kepemimpinan global. “Kita berharap, setelah kegiatan ini mereka dapat memberikan atau membagikan pengalamannya kepada yang lain,”sarannya.

Demi mengikuti kegiatan yang disponsori oleh Program Internasional Victoria University ini, di antara peserta harus mengurungkan niatnya untuk melanjutkan studi S2. “Karena ujian berbarengan dengan kegaitan ini, saya harus menunda ujian S2 saya. Padahal, saya sudah mendaftar dan membayar biaya ujian,”tandas Tendi.

pengorbanan para peserta tak sampai di situ saja. Meskipun selama kegiatan mendapatkan akokodasi dari panitia penyelenggara, para peserta kegiatan ini harus mengeluarkan koceknya sekira Rp 11 juta. “Uang saya kumpulkan untuk kuliah habis untuk biaya tiket dan sebagainya,”imbuhnya. (d antariksa/saifudin)