64 Mahasiswa ISID Gontor Studi Lapangan ke UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ruang Diorama, BERITA UIN Online–Sebanyak 64 mahasiswa Fakultas Ushuluddin Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor menggelar studi lapangan ke UIN Jakarta dan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta.

“Kunjungan ini merupakan studi lapangan mahasiswa. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa atas materi di kelas, sehingga mereka mengetahui perkembangan realitas di lapangan,” ujar Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin ISID Muhammad Adib  Fuadi MA dalam sambutannya di Ruang Diorama Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Selasa (26/2/2013).

Menurutnya, pihaknya sengaja membawa para mahasiswanya ke UIN Jakarta dan PPIM, karena dua lembaga tersebut mempunyai pengalaman yang cukup panjang dalam kajian filsafat, perbandingan agama, kemasyarakatan.

“Kita ingin apa yang dipelajari di bangku kuliah juga dilihat kondisinya di masyarakat, sehingga mahasiswa tidak seperti katak dalam tempurung,” paparnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Prof Dr Amsal Bakhtiar MA menyatakan, studi lapangan bagi mahaiswa Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta sangat penting, agar pembelajaran teoritis dan realitas di lapangan terdapat keterkaitan.

“Kalau soal doktrin agama, itu semua dari dulu tidak berubah. Yang berubah itu kondisi masyarakatnya. Ini yang harus dikaji,” ujar Amsal yang juga alumni Pesantren Gontor itu.

Ia menambahklan, pihaknya mengapresiasi kunjungan ISID Gontor ke UIN Jakarta. Sebab, sebagai lembaga pendidikan yang sangat tua, Gontor mau melakukan studi banding atau akademik ke UIN Jakarta.

Selesai berdialog dengan sejumlah peneliti PPIM, para delegasi berkunjung ke kantor PPIM untuk melihat dan menyaksikan hasil kerja dan penelitian lembaga yang berusia 23 tahun itu.

Selain Direktur PPIM Dr Ali Munhanif, sejumlah peneliti PPIM seperti Dr Dididn Syarifuddin,  Din Wahid MA, dan Ismatu Ropi MA, serta Direktur Pembinaan Akademik Dr Hamuid Nasuhi MAg juga turut hadir pada acara ini. (Saifudin)