6240 Mahasiswa Ajukan Beasiswa Miskin Berprestasi

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Pusat Layanan Akademik Kemahasiswaan, BERITA UIN Online–Sebanyak 6240 mahasiswa mengajukan permohonan  Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi 2013 ke UIN Jakarta.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1849 orang memilih program studi-program studi (prodi) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), 796 orang memilih prodi-prodi di Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), 742 orang mengajukan di prodi-prodi Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikas (FIDKOM).

Selanjutnya, sebanyak 740 orang mendaftar di prodi-prodi Fakultas Sains dan Teknologi (FST), 622 orang mendaftar di prodi-prodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan 594 orang mendaftar di prodi-prodi Fakultas Adab dan Humaniora (FAH).

Sedangkan sebanyak 227 orang mengajukan di Fakultas Ushuluddin (FU), 215 orang d Fakultas Ilmi Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 198 orang di Fakultas Psikologi (FPsi), 179 orang di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), dan 78 orang di Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI).

Menurut staf Bagian Kesejahteraan Mahasiswa,  Amelia Hidayat, dari hasil verifikasi berkas-berkas yang diajukan ditemukan sejumlah berkas yang tidak lengkap. “Ada ratusan mahasiswa yang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)-nya tidak sesuai dengan ketentuan,” ujar Amelia di ruang kerjanya, Senin (19/8/2013).

Selain itu, sejumlah pelamar beasiswa meraih Indeks Prestasi (IP) di bawah 2.75 (skala 4). Padahal, syarat IP yang ditentukan harus di atas 2.75. “Tapi ini jumlahnya tidak banyak. Jumlahnya sekira 55 orang dan tidak merata di semua fakultas,” tambanhnya.

Hal lain yang kurang diperhatikan para pelamar beasiswa adalah kesamaan nomor rekening. Banyak di antara pelamar yang nomor rekning di berkas dan di bank tidak sama atau tidak jelas nomor dan atau identitasnya. “Ada juga yang mendapatkan beasiswa ganda. Tapi ini jumlahnya sangat sedikit,” katanya.

Bagi para mahasiswa yang berkas beasiswanya tidak lengkap harap segera dilengkapio dan diperbaiki secepatnya. “Batas penyerahan berkas dan perbaikannya sampai tanggal 23 Agustus 2013 di Gedung Pusat Layanan Akademik Kemahasiswaan,” tandasnya. (D antariksa/Saifudin)