6 Negara Tampilkan Musik Sufi

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Adjri Septiani

Auditorium, BERITA UIN Online - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI bekerja sama dengan UIN Jakarta menyelenggarakan Festival Internasional Musik Sufi di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Selasa (19/7). Acara ini diikuti oleh enam negara yaitu Iran, Turki, Pakistan, Maroko, Mesir, dan Indonesia.

Festival yang dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof  Dr Moh Matsna HS ini juga dihadiri Direktur Bidang Penerangan Dirjen Bimas Islam Dra Euis Sri Mulyani MPd.

Dalam sambutannya, Mastna mengapresiasi acara ini sebagai salah satu kebudayaan Islam. Hal senada juga diutarakan Euis Sri Mulyani. Menurut dia, festival bertujuan untuk memperkuat hubungan internasional negara-negara Islam, menciptakan toleransi antarumat beragama, dan sebagai khasanah budaya Islam, dalam hal ini media dakwah,”.

Festival ini digelar mulai 18 hingga 20 Juli 2011 mendatang. Sebelumnya acara ini telah dibuka di Theater Taman Mini Indonesia Indah pada 18 Juli 2011 pukul 20.30 WIB.

Kesenian yang ditampilkan merupakan kesenian khas masing-masing negara. Aliran musik sufi ini merupakan aplikasi dari kecintaan kepada Allah sebagai pencipta untuk selalu mengingat kebesaran-Nya. Masing-masing negara mempunyai filosofi yang berbeda dari apa yang mereka tampilkan.