6 Mahasiswa Rusia Dalami Islam di UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Sebanyak enam mahasiswa muslim Rusia akan mendalami studi Islam di UIN Jakarta. Para mahasiswa berasal dari berbagai wilayah di Rusia, yakni Moskow, Kazan, Tatarstan, Grozny, Chechnya, dan Dagestan. Mereka akan mendalami studi Islam pada program magister (S-2) dan doktor (S-3) serta mengambil spesialiasi bidang syariah dan penelitian Islam.

Demikian siaran pers International Office (IO) UIN Jakarta yang diterima BERITA UIN Online, Kamis (16/6). “Untuk mahasiswa Program Magister rencananya akan ditempatkan di Program Magister Fakultas Dirasat Islamiyah. Sedangkan Program Doktor di Sekolah Pascasarjana,” kata Direktur IO, Dr Yeni Ratna Yuningsih. Dari keenam mahasiswa tersebut, empat mahasiswa mengambil Program Magister dan dua lainnya pada Program Doktor. Sebagian dari mereka sudah tiba di Indonesia sejak 11 Juni lalu.

Menurut Yeni, pengiriman mahasiswa Rusia ke UIN Jakarta merupakan tindak lanjut hasil kerja sama Kementerian Agama dan Pemerintah Rusia, khususnya kerja sama antarperguruan tinggi di kedua negara. Kerja sama yang sama juga dilakukan terhadap sejumlah dosen UIN Jakarta untuk mengadakan penelitian mengenai Islam di Rusia. Dalam waktu dekat program tersebut akan segera direalisasikan mengingat Islam di Rusia, sebagai negara pecahan Uni Sovyet, cukup menarik untuk diteliti.

Sementara itu, saat diadakan pertemuan antara mahasiswa Rusia dengan para delegasi Indonesia yang menghadiri “Interfaith Dialog Indonesia-Rusia?” di KBRI Moskow sehari sebelum keberangkatan ke Indonesia, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat menyatakan, Indonesia merupakan salah satu tempat yang dapat dijadikan tempat belajar memperdalam keislaman.

“Indonesia dan Rusia adalah negara sama-sama multi etnik dan multi agama. Pendidikan yang diperoleh bermanfaat besar bagi mahasiswa itu sendiri dan masyarakat pada umumnya dengan mengedepankan toleransi antarsesama,” ujar Rektor.

Yeni menambahkan, selama belajar dan memperdalam Islam di UIN Jakarta, para mahasiswa muslim Rusia tersebut mendapatkan berbagai fasilitas. Pemberian beasiswa di antaranya meng-cover seluruh aktivitas belajar, termasuk untuk biaya living cost. (ns)