Kampus SPs, BERITA UIN Online – Sebanyak 56 mahasiswa baru, terdiri atas 17 orang program doktor (S3) dan 39 orang program magister (S2), Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta program semester genap tahun akademik 2017/2018 yang dinyatakan lolos seleksi mengikuti Orientasi Masa Studi pada 19-21 Februari 2018. Orientasi digelar guna mengenalkan budaya akademik kepada para mahasiswa sebelum mereka mengikuti perkuliahan.

Masa Orientasi Studi dibuka Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada di Auditorium SPs UIN Jakarta, Senin (19/2/2018). Turut hadir Direktur SPs UIN Jakarta Prof Dr Masykuri Abdillah, Ketua Program Doktor Prof Dr Didin Saepuddin, dan Ketua Program Magister Dr JM Muslimin.

Menurut Didin Saepuddin, mahasiswa baru terlebih dahulu harus memahami budaya akademik dan budaya belajar di SPs UIN Jakarta. Pengetahuan dan pengalaman tersebut penting agar mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus, baik yang terkait dengan pelayanan administrasi mahasiswa, sistem dan metode perkuliahan, penulisan karya ilmiah dan cara akses jurnal internasional, pelayanan fasilitas belajar, maupun terhadap pelayanan perpustakaan riset.

Orientasi tersebut lazim dilakukan di setiap perguruan tinggi dan menjadi agenda rutin setiap penerimaan mahasiswa baru. Pasalnya, menjelang masa perkuliahan, mahasiswa baru umumnya belum mengetahui bagaimana budaya dan sistem akademik yang berlaku di kampus tersebut.

“Nah, melalui orientasi studi ini para mahasiswa baru diharapkan dapat mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban mereka selama mengikuti perkuliahan,” katanya.

Proses orientasi studi yang dilakukan di SPs UIN Jakarta itu sendiri bersifat terbuka dan kekeluargaan. Antara mahasiswa dan pembimbing seolah tidak ada jarak, sehingga di antara mereka cepat saling mengenal dan beradaptasi.

Pimpinan SPs UIN Jakarta menyambut para mahasiswa baru itu dengan senang. Kehadiran mahasiswa baru seolah menjadi tamu istimewa dan bahkan menjadi keluarga baru di setiap awal perkuliahan semester genap atau ganjil.

“Kami mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru SPs UIN Jakarta. Semoga mereka dapat menjadi sarjana yang profesional dan andalan di masyarakat,” kata Direktur SPs UIN Jakarta, Masykuri Abdillah.

Materi Orientasi Studi selain disampaikan dalam bentuk paparan di kelas, mahasiswa juga diperkenalkan mengenai berbagai fasilitas yang disediakan kampus. Antara lain kunjungan ke ruang sekretariat administrasi, perpustakaan riset, dan quiet room (ruang belajar pribadi). (ns)

Share This