54 Mahasiswa Berprestasi Raih Beasiswa Rp 360 Juta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Auditorium Prof Dr Harun Nasution, BERITA UIN Onlie — Sebanyak 54 mahasiswa berprestasi memperoleh penghargaan berupa pemberian beasiswa senilai Rp 360 juta. Mereka adalah mahasiswa berprestasi yang menjadi juara perlombaan maupun sebagai tim delegasi UIN Jakarta dalam beragai event, baik pada tingkat nasional maupun internasional.

Penyerahan beasiswa itu langsung diberikan Rektor Prof Dr Koamaruddin Hidayat kepada seluruh penerima beasiswa, disaksikan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Sudarnoto Abdul Hakim MA, para pejabat di lingkungan UIN Jakarta, sejumlah wali mahasiswa, santri Ma’had Aly, santri Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta santri  Asrama Putra  dan Asrama Putri di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Sabtu (17/12).

“Di tengah hiruk-pikuk situasi politik, hukum, dan pendidikan yang memprihantinkan,  kita merasa terhibur dengan keberhasilan para mahasiswa kita. Karena itu UIN Jakarta patut bersyukur dengan prestasi ini,” ujar Rektor.

Menurut dia, keberhasilan para mahaiswa UIN Jakarta di tingkat nasional dan internasional ini menunjukkan bahwa UIN Jakarta mempunyai potensi besar untuk sejajar dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi lain yang sudah mapan, seperti UGM, ITB, dan UI.

Rektor berharap, ke depan semakin banyak lagi mahasiswa UIN Jakarta yang dapat tampil dalam kegiatan-kegiatan bergengsi di tingkat nasional maupun internasional. Dengan langkah seperti itu, nama dan citra UIN Jakarta pun semakin baik di dunia internasional.

Sudarnoto menjelaskan, kini pihaknya terus berusaha meningkatkan mutu akademik para mahasiswa, terutama mereka yang tinggal di Ma’had Aly dan asrama.  “Kita sekarang memberikan kursus bahasa Arab dan bahasa Inggris secara intensif kepada mereka, sehingga mampu bersaing secara akademik dan di tingkat global,“ katanya.

Ia juga berharap UIN Jakarta akan tetap terus memberikan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi. Hal tersebut untuk mendorong mahasiswa lain untuk melakukan prestasi yang sama, sehingga ke depan semakin banyak mahasiswa berprestasi.

Kepada BERITA UIN Online, Kepala Bagian Kemahasiswaan Drs Ja’far Sanusi MA menjelaskan, beasiswa mahasiswa berprestasi itu tediri atas empat kategori, yaitu juara lomba tingkat internasional, juara lomba tingkat nasional, delegasi UIN Jakarta tingkat internasional, dan degelasi UIN Jakarta tingkat nasional.

Ja’far menambahkan, beasiswa itu diberikan kepada mahasiswa yang punya prestasi di bidang akademik, seni, olahraga, dan lain-lainnya. Jumlah beasiswa yang diperoleh juga berbeda-beda, tergantung dari jenis lomba atau kegiatan, tim atau individu. “Jadi jumlah beasiswanya juga bervariasi, antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta,” kata dia. (Saifudin)