Rektor selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Prof Dr Dede Rosyada memberikan ucapan selamat kepada para Pramuka UIN Jakarta yang akan mengikuti kegiatan lapangan di taman kampus beberapa waktu lalu. Mereka juga akan terlibat dalam kepanitiaan Raimuna Nasional ke XI yang digelar di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, pada 13-21 Agustus 2017.

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Sedikitnya 50 anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan Kota Jakarta Selatan 07.081-07.082 pangkalan UIN Jakarta akan ikut terlibat dalam kegiatan pramuka Penegak-Pandega pada Raimuna Nasional (Rainas) ke XI yang digelar di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, 13-21 Agustus 2017 mendatang. Kegiatan lima tahunan yang dihelat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka ini diikuti sekitar 15.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Ke-50 pramuka UIN Jakarta yang terlibat merupakan hasil seleksi oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Mereka akan ditugaskan di berbagai bidang kegiatan, seperti perlombaan, pengabdian kepada masyarakat, ketangkasan dan keterampilan, pertukaran budaya, serta wisata. Kegiatan Rainas akan diselenggaraan di tiga lokasi, yaitu di Bumi Perkemahan Cibubur, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

“Pramuka UIN Jakarta secara khusus juga dilibatkan dalam kegiatan yang bersifat seremonial, seperti upacara pembukaan dan penutupan. Mereka yang terlibat adalah para pramuka dari Unit Protokol yang dipilih oleh Kwarnas,” kata Pembina Pramuka UIN Jakarta Nanang Syaikhu kepada BERITA UIN Online di gedung Rektorat, Rabu (2/8/2017).

Saat ini, menurut Nanang, para pramuka yang dilibatkan dalam kepanitiaan Rainas terus giat berlatih, baik fisik maupun non fisik. Bahkan mereka juga telah beberapa kali mengikuti simulasi kegiatan di Bumi Perkemahan Cibubur.

Kesempatan pramuka UIN Jakarta tampil di event nasional, kata Nanang, sebenarnya bukan kali ini saja. Dalam beberapa kegiatan nasional lain yang diselenggarakan Kwarnas, pramuka UIN Jakarta juga kerap terlibat, seperti Jambore Nasional dan Lomba Tingkat V (LT-V) untuk pramuka golongan Penggalang.

“Saya kira kesempatan ini tak hanya menjadi pengalaman tersendiri bagi para pramuka UIN Jakarta, tetapi juga menjadi catatan prestasi bagi UIN Jakarta dalam kegiatan kepramukaan di tingkat nasional,” ujarnya.

Raimuna merupakan wadah kegiatan dan kreativitas bagi pramuka golongan usia Penegak (17-20 tahun) dan Pandega (21-25 tahun). Selain menjadi ajang silaturahmi dan memupuk tali persaudaraan para pramuka dari berbagai daerah, kegiatan Raimuna juga menjadi salah satu indikator capaian prestasi peserta dalam bidang keterampilan dan kreativitas.

Menurut rencana, Rainas ke XI di Cibubur akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada 14 Agustus 2017 mendatang bersamaan diperingatinya Hari Pramuka ke-56. (ns)

Share This