Gd. PLP, Berita UIN Online— 50 pegawai eselon III mengikuti kegiatan penilaian (assessment) di Gedung Pusat Layanan Psikologi (PLP) UIN Jakarta, Rabu (16/09). Penilaian dilakukan sebagai dasar penempatan pegawai pada bidang sesuai keahlian masing-masing. Kegiatan yang berlangsung sejak pagi dibuka oleh Rektor Prof Dr Dede Rosyada MA.

Dalam pembukaannya, Rektor mengapresiasi kegiatan assessment karena diharapkan mampu memilih dan memilah para pegawai yang akan ditempatkan dalam bidang pekerjaan sesuai keahlian mereka. Menurutnya, penempatan demikian menjadi modal UIN Jakarta memberikan layanan kependidikan secara lebih baik.

“Saat ini kami memiliki database mengenai karyawan UIN Jakarta yang berfungsi untuk mengetahui posisi yang tepat bagi pegawai sebagai apa dan dimana posisinya. The right man on the right place,” ujar Rektor.

Sebagai informasi, Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 46 A tentang Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Struktural PNS dan Metode Assessment Center menyebutkan assessment merupakan model penelusuran potensi, kompetensi, dan minat PNS yang akan ditempatkan dalam suatu jabatan.

Model demikian selaras dengan amanat UU Nomor 43 Tahun 1999 pasal 17 ayat 2 yang menyatakan bahwa pengangkatan PNS pada suatu jabatan tertentu dilaksanakan sesuai prinsip profesionalisme. Profesionalisme demikian mencakup aspek kompetensi, prestasi dan jenjang pangkat yang ditetapkan dalam jabatan, termasuk syarat-syarat obyektif tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, ras atau golongan. (LRF/HMN)

Share This