4 Mahasiswi UIN Jakarta Raih Beasiswa Summer Camp ke Turki

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Akademik–BERITA UIN ONLINE– Empat mahasiswi UIN Jakarta memperoleh beasiswa ‘Summer Camp” dan Program Jalan-Jalan ke Turki selama sebulan, terhitung mulai 1-30 Juli 2012. Beasiswa tersebut diberikan setelah keempat mahasiswi dinyatakan sebagai pemenang “Lomba Membaca Tafsir, Khatam Alqur’an, dan Menghafal Tasbihat atau Do’a-do’a setelah Salat” yang diselenggarakan Darsane (Rumah Belajar Turki) di Indonesia.

Keempat mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta penerima beasiswa Summer Camp ke Turki itu adalah Rahmi Azizah, mahasiswi Semester VI Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK); Kiki Zakiyah Malik, mahasiswi semester IV Jurusan Pendidikan Agama Islam FITK; Dewi Rifqina, mahasiswi semester VI Jurusan Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi; dan Tati Rohayati, mahasiswi semester IV Jurusan Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora.

Panitia Lomba Lale Rozykualewa mengatakan, lomba diadakan selama satu tahun penuh atau sejak 2011 lalu. Lomba diikuti ratusan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dari total jumlah tersebut, terpilih 9 pemenang lomba. Selain empat mahasiswi UIN Jakarta, lima pemenang lainnya adalah mahasiswi asal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, IAIN Walisongo Semarang, dan IAIN Ar-Raniry Aceh Darussalam.

“Bagi pemenang lomba, mendapatkan hadiah berupa ‘Summer Camp‘ dan Jalan-Jalan ke Turki. Program tersebut berlangsung selama satu bulan,” ujar Lale saat dihubungi BERITA UIN Online.

Tati Rohayati, salah satu pemenang lomba, mengaku tidak menyangka bisa memenangkan lomba tersebut. Sebab Tati harus berkompetisi dengan peserta lomba dari berbagai perguruan tinggi lain di Indonesia. “Tapi alhamdulillah, saya berhasil menjadi salah satu pemenang lomba,” tuturnya gembira.

Dara kelahiran Keragilan, Serang, Banten, 20 tahun lalu ini mengaku tak sabar ingin segera berangkat ke Turki. Sebab sebagai mahasiswi jurusan Sejarah Peradaban Islam, Tati hanya mengenal tentang warisan kejayaan Kekhalifahan Islam terakhir melalui buku-buku. Dengan summer camp, Tati berharap bisa melihat secara langsung warisan kejayaan tersebut sekaligus kultur Turki Islam di modern saat ini.

Selain itu, Tati berharap, keberhasilannya meraih penghargaan Summer Camp dan Program Jalan-Jalan ke Turki bisa jadi pemacu semangatnya menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. “Kalau bisa, kuliah S2-S3-nya bisa di sana,” harap Tati. (Zaenal Muttaqin)