4 Mahasiswa FST UIN Jakarta Ikuti Student Exchange di Fukuoka University Jepang

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung FST, BERITA UIN Online– Sivitas Akademik Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta menggelar Student Exchange selama 12 hari di Fukuoka University Jepang. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari 17-29 Agustus 2013.

Mereka yang mendapat kesempatan langka ini adalah empat mahasiswa, yaitu Fikri Faisal Adli (mahasiswa Program Studi/Prodi Teknik Informatika), Tahta Muslim Karim (mahasiswa Prodi Kimia), Fauziyah Hasanah (mahasiswa Prodi Biologi), dan Chandra Cipto Ishano (mahasiswa Prodi Agribisnis).

Bersama mereka, turut pula tiga dosen FST yang mendampingi kegiatan selama di Jepang, yaitu, Dr Lily Surayya Eka Putri M.Env (Wakil Dekan Bidang Akademik), Yusraina Dian Inayati Siregar MSi dan Drs Sutrisno MSi.

“Tiba di Jepang, kami disambut Dekan FST Fukuoka University Prof Aramaki dan beberapa mahasiswa dari kampus tersebut,” ujar Fikri, Kamis (5/9/2013) di Gedung FST UIN Jakarta.

Selama di Jepang, tim UIN Jakarta berkunjung ke beberapa tempat dan berdialog dengan sejumlah tokoh. “Kami diajak mengungjungi Laboratorium Teknik Kimia, Laboratorium Materaial Teknologi, dan bertemu dengan Kentaro Tsukoda, pengusaha di bidang kesehatan dan apotik,” tutur mahasiswa semester IX bahagia.

Dari kunjungannya ke sejumlah tempat pembelajaran dan riset, terang Fikri, dirinya mendapatkan banyak pengetahuan tentang sistem belajar dan riset di Jepang. “Belajar di sana penuh dengan kediplinan, ” katanya.

Yang lebih penting lagi, sambung dia, pendidikan Jepang mewajibakan warganya belajar bahasa nasional selama 12 tahun.” Jadi wajar kalau nasinalisme mereka sangat tinggi. kaum laki-lakinya lebih senag menekuni bidang sains dan tekni. Sedangkan kaum wanitanya menyukai bidang bahasa dan kebudayaan,” imbuhnya.

Selain mengungjungi sejumlah tempat riset, tim FST UIN Jakarta juga dijak santai Prof  Kenji Mishima dari Kyushu University. “Kami merasakan nikmatnya mandi air panas umum (Omsen). Omsen merupakan salah satu kebudayaan Jepang yang sangat unik. Ia mirip pemnadian air panas di garut, Jawa Barat,” paparnya. ( D Antariksa/Saifudin)