4 Mahasiswa Dharmasiswa Kuliah di Pascsarjana UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN OnlinePada tahun akademik 2013/2014 ini,  empat mahasiswa internasional dari empat negara mengikuti  kuliah di UIN Jakarta. Mereka adalah Danial Adnan mahasiswa asal Republik Ceko. Sedangkan lainnya berasal dari Sinegal, yaitu Ndiya Safihne Muhammadan Manshur Sy dan Risya Thau yang berasal dari Myanmar, serta Aleyah Taipoh dari Thailand. Keempatnya menjadi mahasiswa Program Dharmasiswa di Pascasarjana UIN Jakarta.

“Mereka ini belajar Islamic studies selama setahun dan nondegree. Beasiswa ini dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI,” ujar Pusat Layanan Kerja Sama Internasional, Dr Yenni Ratna Yuningsih MA di ruang kerjanya, Kantor Pelayanan Kerja Sama Internasional Gedung Rektorat, Selasa (10/9/2013).

Selain mengikuti tutorial perkuliahan di kelas, mereka juga mengikuti dan melakukan kunjungan ke beberapa pesantren.”Bahkan mereka juga ikut magang mengajar di pesantren dan melakukan kegiatan lain,” sambung dia.

Yenni menambahkan, keempat mahasiswa itu juga belajar tentang bahasa dan budaya Indonesia. “Mereka ingin tahu budaya Islam di Indonesia, pendidikannya, dan masyarakatnya. Jadi mereka ingin tahu langsung dan lebih dalam tentang masyatakat Muslim Indonesia. Ini semacam tukar budaya bagi mereka,” papar Yenni.

Dari sekian PTAIN, hanya UIN Jakarta yang mendapatkan program ini bersama sejumlah perguruan tinggi di lingkungan Kemendikbud.

Selain empat mahasiswa, pada tahun akademik ini pula UIN Jakarta menerima enam mahasisa internasional asal Thailand. Mereka mengambil studi Strata Dua (S2) dan Strata Tiga (S3). “Mereka ini mendapt beasiswa dari Kementerian Agama (Kemenag) RI,” ujarnya.

Untuk mendapatkan beasiswa ini bukanlah hal yang mudah. Alasannya, selain kuotanya terbatas, peminat beasiswa ini cukup banyak dan harus lulus tes “Peminatnya sampai 400-an orang. Yang diterima cuma 50 orang,” imbuh Yenni, yang juga doktor Sastra Arab jebolan McGill University.

Selain di UIN Jakarta, 50 mahaiswa asal Thailand juga kuliah di UIN Syarif Qasim Riau, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Alauddin Makassar, UIN Sunan Gunung Jati Bandung, dan UIN Maliki Malang, masing-masing terdapat 8 mahasiswa. (D Antariksa/Saifudin)