30 Skripsi Terbaik Raih Penghargaan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Kemahasiswaan, BERITA UIN Online-- Sebanyak 30 skripsi mahasiswa dinilai sebagai penelitian terbaik pada wisuda sarjana ke-90 tahun akademik 2012/2013. Atas prestasi itu, UIN Jakarta memberikan penghargaan kepada para penulisnya. “Sebagai wujud apresiasi, mereka kita berikan Rp 2,5 juta per orang,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Abdul Hakim Sudarnoto MA, di Gedung Kemahasiswaan, Rabu (4/9/2013).

Dari jumlah tersebut, empat skripsi terbaik masing-masing diraih mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Sains dan Tekonolgi (FST), serta Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Selain itu, terdapat tiga skripsi terbaik juga diberikan kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi (FIDKOM), dia skripsi terbaik masing-masing diberika kepada mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ushuluddin (FU), dan Fakultas Psikologi (FPSi), serta Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Sedangkan pada Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) hanya terdapat satu skripsi terbaik.

Skripsi berjudul “Dampak Bentuk Soal Linkert Scale Samantic Differential dan Forcad Choice” terhadap Validitas Kontsruk dan Social Desirabelity dari Skala Prpsocial Tendencies Measure” yang ditulis Farah Fauzia dari FPsi mendapatkan nilai tertinggi, yaitu 91.

Skripsi terbaik kedua diraih Siti Aminatun Istianah dari FITK dengan nilai 90. Ia menulis penelitian bertajuk “Pendidikan Non Formal Sebagai Altenatif Pembinaan Anak Jalanan (Studi Kasus di Yayasan Bina Insan Mandiri Depok).

Selanjutnya skripsi terbaik ketiga ditabalkan kepada Taat Budiono dari FAH yang meraih nilai 87,9. Ia menulis penelitian bertema “Al-syi;r al-Ghina Ila Ummi Marcel Khalifah min Syi’r Mahmud Darwisy (Dirasah Simulujiyah li Roland Barthes).”

Putusan 30 penelitian terbaik wisuda sarjana ke-90 itu didasarkan atas penilaian Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Abdul Hakim Sudarnoto MA dan para wakil dekan bidang kemahasiswaan.(D Antariksa/Saifudin)