3 Prodi FAH Terakreditasi A

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Reporter : Hilda Savitri

Gedung FAH, BERITA UIN OnlineProgram Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam (SPI), dan Program Studi Tarjamah di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) berhasil terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ketiga Prodi tersebut masing-masing memperoleh nilai 375, 374, dan 361.

Demikian diungkapkan Pembantu Dekan Bidang Akademik FAH Dr Muhammad Farkhan kepada BERITA UIN Online di ruang kerjanya, Selasa (18/10). Menurut Farkhan, perolehan akreditasi A bagi ketiga prodi dikeluarkan berdasarkan hasil akhir visitasi Tim Asesor BAN-PT pada Agustus lalu. Hasil tersebut ditetapkan dengan Surat Keputusan Nomor 021/BAN-PT/AK-XIV/SI/VIII/2011. “Masa akreditasi ketiga prodi tersebut berlaku hingga 2016,” ujarnya.

Untuk mendapatkan akreditasi, Tim Asesor BAN-PT telah melakukan visitasi selama sekitar tiga bulan (Juni-Agustus 2011). Peneilaiannya pun cukup ketat dan teliti karena menyangkut pertanggungjawaban publik. “Alhamdulilah, akhirnya ketiga prodi yang diakreditasi mendapat nilai A,” kata Farkhan.

Selain ketiga prodi di atas, dua prodi lain, yakni Prodi Bahasa dan Sastra Inggris serta Prodi Ilmu Perpusatakaan dan Informasi, saat ini sedang menunggu hasil akhir penilaian. “Mudah-mudahan keduanya mendapatkan nilai A juga,” lanjutnya.

Sejak berdiri tahun 1963, FAH memiliki lima prodi dengan jumlah mahasiswa tak lebih 1.500 orang. Hingga kini berbagai pembenahan terus dilakukan, baik di bidang akademik maupun non-akademik.

“Kami juga benahi sistem administrasinya sesuai dengan yang ditetapkan pihak universitas,” katanya