3 Fakultas Dapat Beasiswa BLU

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

UIN Jakarta pada tahun akademik 2012/2013 ini menyediakan 140 beasiwa Badan Layanan Umum (BLU) bagi mahasiswa baru. Beasiswa tersebut tidak diperuntukkan untuk semua fakultas, tetapi hanya diberikan kepada tiga fakultas.

Kepala Bagian  Kemahasiswaan Drs. Ja’far Sanusi, MA mengatakan, tiga fakultas yang mendapatkan  beasiswa adalah Fakultas Ushuluddin (80 beasiswa), Fakultas Dirasat Islamiyah/FDI (40 beasiswa), dan Fakultas Adab dan Humaniora/FAH (20 beasiswa).

Menurutnya, beasiswa BLU ini sangat tepat bagi alumni pesantren atau madrasah keagamaan.  Alasannya, jurusan atau program studi (prodi) yang diambil memang bidang-bidang kajian keislaman yang serupa dengan dunia keilmuan pesatren. “Ini cocok bagi mereka yang dari pesantren. Kalau bukan dari pesantren khawatirnya mereka nanti tidak nyambung dalam belajar,” ujar Ja’far di ruang kerjanya, Kantor Kemahasiswaan, Jum’at (25/5).

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, jelas Ja’far, calon mahaiswa akan diseleksi oleh masing-masing fakultas sesuai dengan pilihan prodi yang diambil. “Seleksinya di fakultas. Jadi ini tidak ikut seleksi reguler, baik SNMPTN, SPMB-PTAIN, maupun jalur Mandiri,”katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Subbag Kesejahteraan Kemahasiswaan Dra. Mahmudah Tasyrifatun menjelaskan, beasiswa BLU itu bersumber dari dana BLU dan DIPA. “Untuk semester ganjil dana beasiswa berasal dari BLU. Sedangkan semester genap berasal dari dana DIPA,” ujar Mahmudah.

Menurutnya, besaran beasiswa BLU sekitar Rp 1,2 juta per semester.  Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini otomatis tidak perlu membayar uang kuliah lagi. “Jadi mahasiswa tinggal belajar saja. Untuk biaya lain, mahasiswa harus bisa mencari,”katanya.

Di tempat terpisah, Dekan FAH Dr. Abdul Wahid, MA menjelakan, fakultasnya mengalokasikan 20 beasiswa itu ke tiga prodi, yaitu, prodi Bahasa dan Sastra Arab teradapat 4 beasiswa, dan prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) dan Tarjamah masing-masing 8 beasiswa.

Sementara FDI akan melakukan seleksi sebaik mungkin untuk menyaring mahasiswa yang memilih fakultas yang menggunakan pengantar bahasa Arab ini. “Kita akan tes bahasa Arabnya, baik lisan maupun tulisan,” ujar Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan FDI Dr. Sahabuddin.

Selain itu, kata dia, calon mahaiswa yang bahasa Arabnya bagus dan punya hafalan Alquran akan mendapatkan prioritas. (arif s/saifudin)