UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Jakarta, BERITA UIN Online— Tahun 2016, UIN Jakarta akan mengakreditasi 29 program studi yang ada di beberapa fakultas. Demikian informasi yang diterima tim BERITA UIN Online melalui laman http://lpjm.uinjkt.ac.id, Selasa, (02/02).

Di tempat berbeda, Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Dr Sururin MA mengatakan, bahwa pihaknya akan mendukung rencana akreditasi di tahun 2016 ini. “Pihak LPM akang mengapresiasi dan mendukung rencana baik untuk akreditasi 29 prodi yang ada di UIN Jakarta. Semua proses akreditasi akan ditempuh, demi menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di UIN Jakarta,” tegasnya.

Dari ke-29 prodi yang akan diakreditasi tersebut, 24 prodi diantaranya adalah prodi-prodi lama yang harus mengajukan kembali akreditasi. Sementara lima prodi adalah prodi baru yang mengajukan akreditasi awal. Kelima akreditasi tersebut antara lain, S1 Jinayah, S1 Siyasah, S1 PGRA, S2 Perbankan Syariah, dan S2 Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Sebagai informasi, 29 program studi yang akan diakreditasi antara lain; Program Studi S1 Agribisnis, Program Studi S1 Al-Akhwal Al-Syakhsiyah, Program Studi S1 Akuntansi, S1 Bahasa dan Sastra Arab, S1 Dirasat Islamiyah, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Ilmu Hubungan Internasional, dan Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan.

Selain itu, Program Studi S1 Ilmu Politik, S1 Jinayah Siyasah, S1 Manajemen, S1 Manajemen Dakwah,  S1 Matematika, S1 Muamalah, S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Pendidikan Bahasa Arab, S1 Pengembangan Masyarakat Islam, S1 Perbandingan Mazhab dan Hukum serta S1 Psikologi dan Program Studi S1 Sastra Inggris juga akan diakreditasi.

Itulah 20 prodi yang akan diakreditasi, sedangkan sembilan prodi lain yang juga akan diakreditasi ialah, S1 Sejarah dan Peradaban Islam, S1 Sosiologi, S1 Tarjamah, S1 Teknik Informatika, S2 Perbankan Syariah (akreditasi awal), S1 PGRA (akreditasi awal),  S2 Komunikasi Penyiaran Islam (akreditasi awal), Program Studi S1 Jinayah (akreditasi awal), dan terakhir S1 Siyasah (akreditasi awal).

LPM UIN Jakarta memberi catatan bahwa tanggal kadaluwarsa belum fiks, karena data BAN PT, Excel, dan website BAN PT belum sinkron. Masing-masing program studi proaktif memeriksa SK atau sertifikasi akreditasi dan mempersiapkan semua perlengkapan akreditasi yang dibutuhkan. (LRF/SF)

Share This